Jakarta –

Strategi terbaru Telkom adalah dengan menggarap sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Solusi ini dinilai lebih andal dan hemat biaya sehingga perusahaan tidak hanya lebih bernilai tetapi juga lebih efisien.

Telkom menawarkan platform OCA Indonesia yang menyediakan solusi contact management/CRM yang mudah, aman dan nyaman untuk kebutuhan bisnis UMKM. Solusi OCA Interaction Lite dari OCA Indonesia ini mudah diimplementasikan, dan dikemas dengan fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan UMKM.

Komang Budi Aryaasa selaku EVP Digital Business and Technology Telkom mengatakan OCA Interaction Lite merupakan pilihan tepat untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

Selain dapat berbisnis dengan mudah, OCA Interaction Lite lebih mengutamakan kelestarian lingkungan melalui teknologi digital dan pengelolaan data yang lebih baik. Dengan memperhitungkan CRM, dikatakan bahwa UMKM dapat mengelola sumber daya secara efektif, meningkatkan efisiensi operasional, dan tentunya membantu menjaga lingkungan.

“Melalui OCA Interaction Lite, Telkom berkomitmen mendukung UMKM dalam meningkatkan hubungan pelanggan dan meningkatkan produktivitas bisnis. Lebih baik dengan fitur-fitur berdasarkan perubahan kebutuhan bisnis, perangkat ini diyakini tetap menjaga keandalan dan dapat meningkatkan efisiensi tanpa mengorbankan keselamatan,” kata Buddhi dalam siaran persnya.

Dalam dunia bisnis digital, menjaga hubungan dekat dengan pelanggan menjadi kunci keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM. Menurut data INDEF, digitalisasi dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, mempercepat transaksi, dan memperluas pasar.

Solusi digital yang memungkinkan UMKM mengandalkan penggunaan CRM, yang memungkinkan pengusaha mengelola hubungan pelanggan dengan lebih baik, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan pribadi dengan pelanggan.

Penggunaan aplikasi CRM dapat meningkatkan kredibilitas komunikasi bisnis dan memberikan banyak manfaat bagi UMKM. Penggunaan CRM dikatakan dapat meningkatkan kurasi perkiraan penjualan rata-rata sebesar 42%. Tidak hanya itu, CRM mempercepat pengambilan keputusan dengan menyediakan data analitis yang akurat.

Pemilihan aplikasi CRM yang tepat untuk UMKM memerlukan pertimbangan yang matang, kata Komang. Antara lain, Anda perlu mengetahui kebutuhan bisnis Anda untuk fokus pada peningkatan layanan pelanggan, mempercepat operasi, atau mengelola data secara efektif.

“UMKM sebaiknya memilih CRM yang dapat disesuaikan dengan bisnisnya dan mendukung kebutuhan spesifik mereka. Dengan OCA Interaction Lite, UMKM dapat melakukan segalanya mulai dari mengintegrasikan media sosial, pengelolaan data pelanggan hingga dapat mengelola properti sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Selain itu, pilih fitur yang tepat, persiapkan tim untuk mengelola CRM, dengarkan anggaran yang tersedia, dan bangun keamanan data.

“OCA Interaction Lite menawarkan solusi yang dapat disesuaikan dengan anggaran bisnis. Dengan pilihan fitur yang sederhana, UMKM dapat memilih paket yang tepat tanpa membebani keuangan perusahaan. Pelaku UMKM perlu khawatir dengan kebocoran data,” tutupnya. Tonton video “Menteri Maman berkantor di Gedung Smesco” (agt/agt)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *