Jarta –

Saat ini PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) dapat memberikan gambar PS5 yang lebih jelas, halus dan stabil. Tetapi banyak yang mengeluh bahwa perbedaannya muncul hanya jika pengguna sangat dekat dengan TV yang digunakan.

Namun, pada tahun 2026 Sony berharap bahwa grafik PS5 Pro bisa lebih baik. Anda melakukannya menggunakan teknologi peningkatan berdasarkan kecerdasan buatan dengan nama FSR 4.

FSR 4 adalah teknik perampingan yang merupakan pilar terbaru dari GPU AMD, yaitu Radeon RX 9070 dan 9070 XT dan melaporkan bahwa itu sangat kompetitif dibandingkan dengan teknologi NVIDIA DLSS.

“Tujuan kami adalah memiliki sesuatu yang sangat mirip dengan FSR 4 Upscaler di PS5 Pro untuk judul game nomor 2026, seperti dari evolusi Next PSSR,” kata Mark Cern, Playstation Arsitek Utama di Sony ketika ia diwawancarai oleh Digital Foundry.

Saat ini ada banyak game PS5 Pro yang telah menggunakan lebih lanjut yang disebut PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR) dan PS5 Pro berdasarkan AMD berdasarkan chip, seperti yang disebutkan oleh The Verge, Rabu (3/3/2025).

PSSR dapat membuat grafik rendering dengan resolusi 4K 720p secara real time, sambil menambahkan efek partikel. PSSR ini sebenarnya memiliki kapasitas yang cukup, bahkan dibandingkan dengan FSR 3.

Tetapi Sony dan AMD masih memiliki kolaborasi jangka panjang yang disebut Amestyst Project, yang dikenal untuk pertama kalinya pada tahun 2023, dan Cernny mengatakan bahwa FSR 4 adalah salah satu hasil kerja sama.

“Jaringan saraf dan cara mereka berlatih di Upscaller FSR 4 adalah hasil pertama dari kolaborasi Amethyst,” kata Cernny.

Ini juga disebut pendekatan paling canggih dari FSR 4 dengan hasil yang jauh lebih baik daripada PSSR. Tapi sekarang Cerny masih merekomendasikan pengembang game untuk menggunakan PSSR karena FSR 4 masih membutuhkan waktu untuk meminta PS5 Pro.

Sony kemudian menggunakan implementasinya untuk setiap algoritma yang telah dikembangkan dengan AMD. Dia juga mengatakan bahwa Amethyst akan memperluas penggunaannya, tidak hanya di konsol rumah.

“Sekarang jelas, teknologi ini memiliki penggunaan PlayStation yang lebih luas, dan ini adalah pertanyaan tentang bagaimana mendukung pekerjaan yang lebih luas di mesin pembelajaran di berbagai perangkat. Bahkan jika pengembang dapat memindahkan kode mereka dari satu perangkat ke perangkat lain,” jelasnya. Tonton video “PlayStation Video dan AMD Collaboration di Proyek Amethyst” (ASJ / ASJ)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *