Jakarta –

Industri kecantikan Indonesia merupakan salah satu sektor yang sedang berkembang. Padahal, data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menunjukkan potensi industri kosmetik tanah air dalam beberapa tahun terakhir didorong oleh pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia.

Dilihat dari angka tahun 2018 hingga 2022, produk personal care dan kosmetik secara konsisten menduduki tiga besar kategori dengan penjualan tertinggi di pasaran, dengan nilai perdagangan Rp 13.287,4 triliun dan volume perdagangan 145,44 juta. Tren tersebut mendorong banyak brand kecantikan lokal untuk bersaing dan terus menunjukkan inovasi di pasar kecantikan dalam negeri, salah satunya True to Skin.

True to Skin merupakan salah satu brand skincare lokal yang meraih popularitas dengan menawarkan produk premium berbahan dasar bahan alami Tanah Air.

“Sejak awal berdirinya True to Skin, kami berupaya memperkenalkan produk-produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen Indonesia melalui inovasi berkelanjutan dan formulasi berkualitas tinggi. Beberapa produk utama kami antara lain Skinlike Porefecting Cushion SPF 35 PA++++, produk dengan coverage medium to high, hasil akhir satin matte”, dan terasa ringan di kulit, serta Matcha Oat Gentle Cleanser dan Sunfriends Sunscreen Gel SPF 50 PA++++, yang melindungi secara efektif. melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan formulasi yang nyaman untuk iklim tropis,” kata pemilik True To Skin Riska Elastria dalam keterangannya, pada Senin (25/11/2024).

Ia mengatakan bahwa kegiatannya didasarkan pada pengalaman pribadi dengan masalah kulit yaitu. jerawat. Selama ini Riska sudah mencoba berbagai produk perawatan kulit dan obat-obatan dari dokter, namun kulitnya masih sering mengalami iritasi karena tidak mengetahui bahan yang tepat untuk kondisi kulitnya.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Riska terinspirasi untuk menciptakan produk perawatan kulit berbahan alami yang aman digunakan oleh semua kelompok umur, mulai dari usia 14 tahun hingga dewasa, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap kulit.

“Serum di True to Skin hanya ada 3 yaitu Bakuchiol, Niacinamide dan Hyaluronic Acid, karena ketiga serum ini merupakan produk skincare dan juga aman serta dapat digunakan setiap hari (termasuk semua jenis kulit). True to Skin membuat produk perawatan kulit dengan bahan alami sehingga semua orang bisa mencobanya tanpa rasa takut atau batasan umur, tapi manfaatnya luar biasa, kata Riska.

Memanfaatkan komunikasi digital untuk meningkatkan penjualan

Ia mengatakan di tengah ketatnya persaingan industri kecantikan, True to Skin terus berinovasi melalui strategi pemasaran yang adaptif dan kreatif. Penjualan e-niaga, mis. Shopee, juga merupakan cara efektif True to Skin untuk terhubung dengan pelanggannya.

Dengan memanfaatkan fitur Shopee Live untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, True to Skin mampu memberikan pengalaman yang lebih personal dan interaktif. Konsumen juga dapat merasakan produk secara langsung sehingga tercipta hubungan yang lebih erat antara merek dan pelanggan.

“Shopee Live mampu menyumbang 52% dari total pendapatan True to Skin dan ini menunjukkan kekuatan komunikasi langsung ke konsumen,” kata Riska.

True to Skin juga membangun komunitas dengan program afiliasi. Konsumen dan penggemar produk dapat menjadi afiliasi, mempromosikan produk melalui media sosialnya dan mendapatkan komisi.

“Dengan langkah ini, kami tidak hanya memperluas jangkauan, tetapi juga menciptakan komunitas pendukung merek yang berdedikasi, meningkatkan kesadaran dan kepercayaan konsumen,” jelas Riska.

Untuk memberikan pengalaman baru dan menarik kepada pelanggan, True to Skin memperkenalkan produk eksklusif di Shopee yaitu. concealer mulai 20 November 2024. Pengguna juga bisa menikmati berbagai penawaran menarik untuk produk terbaru ini dan berkesempatan memenangkan Skinlike Cover True to Skin Concealer seharga Rp 69.000 hanya di Shopee.

“Kami ingin seluruh masyarakat dapat merasakan inovasi produk terbaru kami dan dengan mudah menemukan warna yang tepat. Oleh karena itu, untuk peluncuran produk terbaru ini, kami menggandeng Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memberikan promosi yang menarik agar semakin banyak masyarakat yang dapat mencoba produk ini, ”ujarnya.

Riska mengatakan, strategi ini diambil untuk menciptakan lebih banyak publisitas dan minat di kalangan pengguna. True to Skin juga berkomitmen untuk memperluas lini produknya dengan fokus pada bahan-bahan alami dan inovasi, seiring dengan berkembangnya permintaan konsumen terhadap produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Ia menjelaskan, dengan kualitas produk yang tetap terjaga dan pemasaran digital yang efektif, True to Skin optimis dapat terus mengembangkan dan membawa perawatan kulit lokal ke level selanjutnya. Riska juga mengucapkan terima kasih kepada Shopee yang telah menjadi ruang bagi para pelaku skincare lokal untuk memperluas pasarnya.

“Kami berharap industri kosmetik lokal dapat terus berkembang dan menjadi kebanggaan Indonesia.” Dengan dukungan platform seperti Shopee, kami yakin produk perawatan kulit lokal akan semakin populer tidak hanya di pasar dalam negeri tetapi juga internasional. True to Skin akan terus berinovasi menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi untuk bersaing di industri kecantikan global,” tutupnya. (acd/ego)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *