Jakarta –

Studio game Tanah Air sukses mengikuti pameran game bergengsi Gamescom 2024 di Cologne, Jerman pada 21 dan 25 Agustus 2024. Diperkirakan potensi transaksinya mencapai US$ dia. $121,2 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Jumlah tersebut diketahui meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebesar $115,7 juta atau sekitar $1,7 triliun. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Mardyana Listyowati mengatakan Indonesia siap menjadi pemain industri game global.

Selain itu, peningkatan potensi transaksi menjadi bukti bahwa produk dan talenta Indonesia di bidang gaming semakin diminati di pasar global, kata Mardyana dalam keterangan resminya dilansir detikINET, Kamis (9/05/2024). .

Pada ajang Gamescom 2024, Indonesia mengirimkan 10 delegasi yang terdiri dari studio game lokal ternama. Yang berangkat ke Jerman untuk unjuk gigi adalah Gambir Studio, Glory Jam, Agate, PT Klapanom Bangkit Berkarya, Fat Racoon Games, Plexus Studio & Oray Studios, Gingersun Games, Niji Games, Frame Rats Digital dan Berangin Creative.

Para delegasi tidak hanya mempromosikan beberapa game mereka yang telah dirilis atau sedang dalam pengembangan, namun juga melakukan eksplorasi bisnis, networking personal, dan pertemuan langsung tanpa syarat.

Studio game lokal yang akan hadir di Gamescom 2024 merupakan hasil kolaborasi Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Daerah Khusus. Provinsi Jakarta, KBRI Berlin, Perwakilan Dagang Indonesia di Jerman dan Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan Merry Maryati mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam ajang tersebut tidak akan berhenti. Ia mengungkapkan, Indonesia akan kembali pada tahun depan.

“Indonesia akan kembali bersiap mengikuti Gamescom pada Agustus 2025 di Koelnmesse, Jerman. Beberapa pameran games internasional lainnya yang bisa dijadikan referensi adalah Gamescom Asia Singapore, Games Connection America, Busan Indie Connect, Paris Games Week dan Tokyo Games Let see, “ucap Merijn.

Sedikit informasi: Gamescom 2024 dikunjungi lebih dari 335 ribu pengunjung dari 120 negara. Tahun ini Gamescom menyiapkan ruang business-to-business (B2B) yang dihadiri 1.462 peserta pameran dari 64 negara. Saksikan video “Developer Minta Pemerintah Klarifikasi Regulasi Industri Gaming Indonesia” (HPS/Fay)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *