Jakarta –

Radang amandel merupakan penyakit umum yang menyerang banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Radang amandel menimbulkan rasa nyeri yang membuat proses menelan menjadi tidak nyaman.

Selain itu, ada sejumlah gejala lain yang muncul akibat pengaruh radang amandel. Namun jangan khawatir, karena radang amandel dapat diobati dengan berbagai cara.

Lalu apa penyebab radang amandel? Jadi bagaimana perasaan Anda tentang hal itu? Simak penjelasannya pada artikel ini. Apa itu tonsilitis?

Tonsilitis atau radang amandel merupakan penyakit yang terjadi pada amandel. Sebagai sedikit latar belakang, amandel adalah dua jaringan oval yang terletak di tenggorokan.

Mengutip Mayo Clinic, radang amandel biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Namun infeksi bakteri juga bisa menyebabkan radang amandel pada seseorang.

Dengan tonsilitis, penting untuk membuat diagnosis yang cepat dan akurat. Pasalnya, pengobatan radang amandel yang benar juga bergantung pada penyebab terjadinya

Menurut WebMD, penyebab utama radang amandel adalah infeksi bakteri dan virus, seperti bakteri streptokokus. Selain itu, radang amandel juga dapat disebabkan oleh: virus influenza, adenovirus, virus Epstein-Barr, virus parainfluenza, enterovirus, virus herpes simplex.

Virus dan bakteri tersebut secara langsung maupun tidak langsung dapat menyebarkan radang amandel ke orang lain. Misalnya saat Anda berciuman, berbagi peralatan makan dan minum, menyentuh permukaan yang terkontaminasi bakteri atau virus, serta menghirup partikel kecil dari orang yang bersin atau batuk.

Gejala umum radang amandel yang dialami banyak orang antara lain: Nyeri saat menelan Sakit tenggorokan Demam 38 derajat Celcius atau lebih tinggi Batuk Sakit kepala Sakit telinga Merasa lelah

Jika radang amandel cukup parah, pasien mungkin mengalami gejala seperti pembesaran kelenjar getah bening di leher bawah telinga, bintik-bintik berisi nanah, dan bau mulut.

Pada anak-anak, gejala umum radang amandel antara lain: Sakit perut Mengiler karena kesulitan menelan Keengganan makan Rewel yang tidak wajar Muntah.

Jika radang amandel semakin parah, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut

Perlu diketahui bahwa tonsilitis dibagi menjadi tiga jenis. Mengutip WebMD, berikut penjelasannya.1. Tonsillitis akut

Tonsilitis akut adalah peradangan pada amandel palatina yang gejalanya berlangsung selama 3-4 hari, namun dapat bertahan hingga 2 minggu.2. Tonsilitis berulang

Tonsilitis jenis ini kambuh kembali dalam waktu singkat. Penderitanya mungkin mengalami radang amandel beberapa kali dalam setahun.3. Tonsilitis kronis

Tonsilitis kronis adalah peradangan jangka panjang pada amandel palatina. Cara mengatasi radang amandel memerlukan pengobatan khusus

Tonsilitis seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir karena radang amandel dapat diobati dengan berbagai cara.

Untuk mengobati radang amandel di rumah, Anda dapat menggunakan berbagai pengobatan mandiri, seperti: minuman istirahat penuh, minuman dingin untuk melegakan tenggorokan, minum parasetamol atau ibuprofen (aspirin tidak boleh diberikan pada anak di bawah 16 tahun), berkumur dengan air garam hangat (bukan untuk anak di bawah 16 tahun). anak-anak) makan makanan lunak agar mudah menelan Berkumur dengan air jahe Konsumsi obat pelega tenggorokan yang biasa dijual di apotek.

Jika amandel terkena dampak parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan. Biasanya dokter akan meresepkan serangkaian antibiotik, seperti amoksisilin, babasilin, atau cefadroxil. Ingatlah bahwa obat ini hanya tersedia dengan resep dokter.

Apabila radang amandel tidak kunjung sembuh dan berlanjut terus menerus, maka dapat dilakukan operasi pengangkatan amandel. Langkah ini dilakukan bila radang amandel menyebabkan komplikasi serius

Meski radang amandel bisa disembuhkan, ada baiknya mencegahnya sejak dini. Bagaimana; Lihat di bawah: Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun, terutama sebelum makan, setelah dari toilet. Jangan mengganti sikat gigi saat bersin.

Demikian penjelasan mengenai penyakit amandel atau tonsilitis. Semoga artikel ini dapat menambah informasi bagi detikers. Tonton Video Pertemuan Korban Tonsilitis HAECHAN NCT (ilf/fds)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *