Jakarta –

PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group) telah menyelesaikan akuisisi Atlantic Carbon Group (ACG) senilai USD 122,4 juta. Melalui akuisisi ini, perseroan memiliki empat tambang antrasit (sejenis batu bara rendah emisi) bermutu tinggi di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Presiden Delta Dunia Group Ronald Sutardja menjelaskan, akuisisi perusahaan tambang asal Amerika Serikat ini dilakukan melalui American Anthracite SPV I, LLC dengan dukungan PT Bukit Makmur Internasional (BUMA International). Akuisisi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan perseroan sebesar 120-130 juta dollar AS per tahun pada tahun 2024 hingga 2028.

“Dengan umur operasional yang panjang dari empat tambang aktif ACG, mampu menyediakan lebih dari 25 tahun penambangan dan produksi hingga 25 juta ton baja rendah karbon per tahun,” ujarnya dalam keterangan resmi perseroan, Selasa (9/9/2021). 7/2024).

Jika tidak, langkah ini akan mendiversifikasi pendapatan Grup secara signifikan, dengan pendapatan batubara non-termal diperkirakan akan meningkat menjadi 24% dari 19% pada tahun 2023. Hal ini sejalan dengan tujuan strategis Grup untuk mengurangi ketergantungannya pada batubara termal.

Sebelumnya, BUMA juga memperluas jaringan globalnya dengan mengakuisisi BUMA di Australia pada tahun 2021. Sejak saat itu, BUMA memperluas layanannya ke batubara metalurgi, tidak hanya membangun jaringan di salah satu pusat pertambangan terbesar di dunia. .

Menurut Ronald, ekspansi strategis ini telah menghasilkan peningkatan pesanan BUMA Australia sebanyak empat kali lipat pada tahun 2022, sehingga meningkatkan kinerja grup secara signifikan.

“Akuisisi ini memungkinkan operasi ACG dan BUMA di Indonesia dan Australia, bersama dengan perusahaan kami yang lain, untuk memanfaatkan pengalaman, keahlian, dan pendekatan inovatif mereka di bidang keselamatan, pertambangan, dan manajemen.”

Di sisi lain, CEO ACG Eric Martin menyambut baik selesainya akuisisi perusahaan pertambangan yang dipimpinnya. Menurutnya, akuisisi ini akan memberikan dampak yang sangat positif bagi perusahaan secara keseluruhan, terutama dalam hal pertumbuhan dan inovasi.

“ACG terus tumbuh dengan mantap didukung oleh permintaan pasar yang kuat dan harga antrasit UHG (Ultra High/Very High Grade) yang menguntungkan. Sebagai bagian dari Delta Dunia Group membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan inovasi,” kata Eric.

“Dengan pengalaman BUMA yang terkenal serta peningkatan akuisisi dan operasional, kami siap meningkatkan kapasitas produksi secara signifikan. Kami berharap dapat memanfaatkan pengalaman industri mereka yang luas untuk membuka potensi baru dan membuat kemajuan signifikan dalam strategi operasional kami,” katanya. (fdl/fdl)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *