Jakarta –

Airbus Defence and Space (Airbus DS) menawarkan pesawat A330 Multi-Role Tanker Transport (MRTT) kepada Pemerintah Indonesia. Pesawat ini disebut-sebut merupakan pesawat berkapasitas besar.

“Kami mewakili Airbus, kami sangat senang dan bangga mendapat kesempatan berkomunikasi langsung dengan teman-teman media untuk berbagi informasi mengenai MRTT A330. Dan kami bangga mempersembahkan pesawat ini di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Betapa bahagianya kami,” kata kepala Airbus. Perwakilan Indonesia, Dani Adriananta pada konferensi pers, di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Ia mengatakan Kementerian Pertahanan telah menginvestasikan banyak uang untuk memperkuat kerajaan melalui pembelian jet tempur Dassault Rafale. Kemudian, kontrak F-15 dan KF-21 ditandatangani. Namun, kata dia, pesawat baru tersebut belum tiba.

Ia juga mengatakan, jumlah jet tempur TNI AU yang cocok untuk pengisian bahan bakar di udara terbatas. “Jumlah pesawat tempur TNI-AU yang memenuhi syarat untuk pengisian bahan bakar di udara jumlahnya sedikit,” ujarnya.

Ia mengatakan, MRTT Airbus A330 mampu mengangkut 111 ton bahan bakar. Skill ini merupakan skill terhebat dari semua pesawat tank.

“Airbus A330 MRTT mampu membawa 111 ton bahan bakar, kapasitas terbesar dari semua pesawat tanker,” ujarnya.

Ia yakin, jika TNI AU memiliki pesawat tank, maka kemampuan militernya bisa ditingkatkan.

“Airbus yakin jika TNI-AU memiliki kapal tanker berukuran kecil, maka TNI-AU akan bisa lebih mengembangkan kemampuan militernya, apalagi mengingat investasi yang sangat besar ini. Pihaknya berkomitmen untuk membeli pesawat tempur yang bisa diisi bahan bakarnya di udara,” ujarnya. (acd/das)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *