Jakarta –
Yamaha Indonesia baru-baru ini menyebarkan iklan atau teaser motor barunya dengan tulisan pendek “Turbo”.
Motor baru Yamaha turbo masih belum ditemukan, ada bengkel di Gading Serpong, Tangerang yang sudah lama melakukan reparasi motor Yamaha turbo.
Bengkelnya adalah Ultraspeed Racing (USR) yang berhasil menggarap Yamaha XMAX untuk meningkatkan kapasitas mesinnya dan memasang perangkat turbo untuk meningkatkan performa.
“Proyek pertama pembuatan XMAX Turbo adalah dari teman saya di Jakarta. Dia menantang saya untuk membuat XMAX Turbo,” kata Freddie Gautama dari Ultraspeed Racing.
Perjalanan USR menggarap Turbo pada Yamaha XMAX telah berlangsung selama empat tahun, tepatnya dimulai pada awal tahun 2020.
Mereka sukses dengan Yamaha XMAX 300 yang merupakan proyek pertama mereka. Sepeda motor ini menjadi prototipe mereka untuk melakukan modifikasi sepeda motor dengan penambahan turbo.
“Pertama saya beli turbo (Garrett) GT06 dari Turbo Innovation (Bro Andra), jadi saya konsultasi sama dia, pilih turbo dan dia menyarankan saya pakai GT06 dari Garrett. Turbo terkecil di dunia,” Freddie kata tentang turbo yang mereka gunakan pada XMAX 300 yang merupakan proyek pertama USR.
Belakangan, USR menemukan proyek untuk merombak Yamaha XMAX dengan turbo. Namun kali ini bukan 300 cc, melainkan pemilik menginginkan kapasitas mesin lebih besar seperti 400 cc.
Dikonfirmasi detikcom, USR kini telah menemukan racikan yang sangat cocok untuk pemasangan turbo pada Yamaha XMAX.
Kini USR mengandalkan turbo yang biasa digunakan Honda Civic Turbo, yakni TD025 Hybrid Turbo. Suku cadang ini terbilang aman untuk digunakan sehari-hari karena suku cadangnya mudah ditemukan.
Selain turbo, USR juga mengandalkan intercooler yang biasa terdapat pada mobil. Yamaha XMAX 300 dikatakan menggunakan intercooler yang sama dengan Ford Ranger dan Proyek XMAX 400 menggunakan intercooler Toyota Innova.
Baru saja! Sebenarnya, seberapa besar pengaruh turbo terhadap performa? Kombinasi USR menghasilkan tenaga 100% atau dua kali lipat dari Yamaha XMAX versi standar.
“Kalau (XMAX) 335 cc, tenaganya 36 HP. Dibuat aman. Kalau 400 cc, 46 HP,” kata Freddie kepada TechCom.
Sebelumnya USR XMAX 300 cc mampu mencapai 40 HP. Namun demi ketahanan dan keamanan mesin, tim USR mencari tempat yang aman untuk tenaga maksimal yakni 36 HP.
“Kita cuma pasang 1 bar. Kemarin ada loss, kita tidak cek, jadi boostnya hilang sampai 1,5 (bar), ya lebih dari 1,5 (bar), menurutku. Motornya serasa terjatuh. dengan kereta api “Ini seperti peluru. Mereka bilang itu cepat, sangat cepat. Mungkin di atas 40, pasti di atas 40, mungkin 50 kali DK,” kata Freddie.
Titik aman yang dipertimbangkan USR agar motor lebih awet saat dipasang turbo adalah boost 0,7-0,8 bar.
Membangun Yamaha XMAX dengan turbo membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi saat pertama kali mengerjakan proyek turbo. USR membutuhkannya untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama.
Lantas ketika ditanya berapa dana yang dibutuhkan? Ternyata untuk menjalankan proyek XMAX 300 turbocharged pertama, USR mengklaim membutuhkan biaya sekitar Rp 100 jutaan. Biaya tersebut sudah termasuk bore-up mesin dan pemasangan turbo.
Namun saat dipastikan berapa biaya untuk membangun kembali mobil dengan turbo tersebut, USR menyebut biayanya tidak semahal proyek pertama.
“Semakin sering Anda datang ke sini, semakin murah harganya,” kata Freddie kepada Dytcom.
“Kita mau motor ini bisa jalan, dipakai sehari-hari. Kalau turbo saja, siapa pun bisa. Enggak, maunya bisa dikendarai, bisa dipakai sehari-hari,” pungkas Freddie Pie
Simak Video “Touring Sumut Pakai Yamaha XMAX, Irit Gak?” (mhg/rgr)