Jakarta –

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), mengatakan Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi tuan rumah bagi operator wisata olahraga, khususnya event marathon kelas dunia. Salah satu mimpinya adalah Indonesia menjadi salah satu destinasi maraton terbesar di dunia (WMM).

Wisata olah raga atau sporttourism merupakan salah satu pasar di bidang pariwisata yang terus berkembang terutama pascapandemi. Sandiaga mengatakan ada beberapa kota di Indonesia, termasuk Bandung, yang bisa dijadikan destinasi wisata olahraga, apalagi event lari banyak digelar di dalam negeri.

“Kalau melihat kondisi cuaca, Bandung adalah trek balap terindah. Saya bermimpi untuk naik kelas dari event nasional ke event internasional. Jadi kualitasnya akan meningkat,” kata Sandigaga saat media briefing. di GBK Byskoven, Minggu (26 Mei 2024).

Sandiaga mengatakan Indonesia saat ini masuk dalam 20 besar destinasi wisata paling banyak dikunjungi di dunia. Harapannya dengan keberhasilan tersebut akan semakin banyak lagi kompetisi-kompetisi yang mampu menarik wisatawan mancanegara, termasuk yang berasal dari sport pariwisata.

“Kalau melihat enam mayor marathon, semuanya berada di atas kita. Amerika, Jerman, Jepang, Inggris. Jadi tujuannya bagaimana kita bisa tembus dan layak menjadi destinasi marathon terhebat di dunia,” jelas Sandiaga.

Saat ini enam kota di dunia menyandang gelar World Major Marathon: Tokyo Marathon, Boston Marathon, London Marathon, Berlin Marathon, Chicago Marathon, dan New York City Marathon. Acara ini adalah salah satu maraton paling bergengsi dan paling diminati di dunia, dengan atlet amatir dan elit berlari sejauh 42 km melalui beberapa jalan paling terkenal di dunia. Simak video “Respon Sandiaga Uno Terhadap Lonjakan Kasus Covid-19 Jelang Libur Natal” (kna/naf)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *