Jakarta –

Read More : Kumpulan Doa Mohon Kelancaran Usaha dan Banyak Pelanggan di Bulan Ramadan

PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) akan terus melanjutkan transformasi untuk meningkatkan pelayanan di 32 terminal peti kemas yang dikelola perseroan. Proses transformasi ini akan dipimpin oleh SPTP mulai tahun 2021 dan diharapkan selesai pada tahun 2025.

Transformasi terminal peti kemas SPTP terutama dilakukan dari dua aspek yaitu standardisasi dan sistematisasi operasional. Widyaswendra, Sekretaris Jenderal Petikemas PT Pelindo Terminal, mengatakan hingga akhir tahun 2023, SPTP telah terstandarisasi di 24 terminal dan disistematisasikan di 7 terminal.

Pada tahun 2024, SPTP akan terus distandarisasi di 8 terminal dan disistematisasikan di 10 terminal. Pada saat yang sama, proses transformasi akan terus disistematisasikan di 15 terminal pada tahun 2025.

“Kami telah meningkatkan keterampilan pengoperasian sumber daya manusia, model pengoperasian berdasarkan perencanaan dan pengendalian, jaminan keselamatan, serta fasilitas dan peralatan terminal yang terstandarisasi. Dari segi sistematisasi, seluruh terminal peti kemas akan kami lengkapi dengan sistem pengoperasian terminal yang sama. Terminal di lingkungan SPTP ,” jelas Widyaswendra dalam keterangan tertulis, Selasa (28 Mei 2024).

Widyaswendra mengatakan, delapan terminal peti kemas yang akan distandarisasi pada tahun 2024 antara lain TPK Banjarmasin, TPK Kendari, TPK Merauke, TPK Ternate, TPK Bagendang, TPK Bumiharjo, Terminal Berlian (BJTI) dan Terminal Kariangau Kalimantan Timur. Sementara TPK Sorong, TPK Nilam, TPK Kupang, TPK Bitung, TPK Jayapura, IPC TPK Jambi, IPC TPK Teluk Bayur, TPS Surabaya, IPC TPK TP 1 dan IPC TPK TP 2 juga akan memulai sistematisasi.

Ketua ALFI/ILFA Jatim Sebastian Wibisono mengatakan, pelayanan terminal peti kemas semakin membaik berkat renovasi yang dilakukan di PT Pelindo Terminal Petikemas. Sistematisasi dan digitalisasi juga memudahkan pengguna dalam memperoleh layanan yang disediakan terminal peti kemas.

“Komunikasi dengan pengguna layanan juga sangat baik sehingga jika ada kendala pada layanan akan segera direspon dan mendapat perhatian dari pengguna akhir,” tutupnya. (AKN/EGA)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *