Jakarta –
Read More : MenPAN-RB Ungkap Kepala Daerah Rekrut Honorer Sebagai Janji Menang Pilkada
Sebuah toko mesin cuci di China hampir roboh hanya dalam waktu 20 menit. Terjadi kesalahan pada harga jual toko sehingga menimbulkan potensi kerugian sebesar US$4,2 juta atau sekitar ₹64 miliar (kurs ₹15.450).
Toko tersebut, bernama Little Swan Dongshan, menjual mesin cuci dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga normal, sehingga mendorong banyak orang untuk memesan secara online. Ada 40.000 mesin cuci yang dipesan pelanggan di toko hanya dalam waktu 20 menit. Manajemen toko langsung meminta pelanggan membatalkan pesanan.
Manajemen toko mengatakan hal itu terjadi karena seorang karyawan salah memahami aturan khusus situs belanja online yang dioperasikan oleh Alibaba Group.
Manajemen pada Senin (9/9/2024) mengutip pernyataan SCMP: “Akibat kesalahpahaman ini, kami telah melakukan kesalahan besar. Kami merasa masalah ini telah membingungkan masyarakat dan berdampak serius pada pasar. Telah manja.”
Akibat transaksi mesin cuci skala besar tersebut, perusahaan kemungkinan akan mengalami kerugian total sebesar 30 juta yuan jika terus memenuhi pesanan. Pasalnya, harga asli produk tersebut totalnya 70 juta yuan, namun karena kesalahan ini, pelanggan hanya membayar 40 juta yuan.
Pelanggan Wang mengatakan dia mengetahui potongan harga tersebut melalui media sosial. Lalu ia langsung membeli 3 mesin cuci secara online. Harga mesin cuci sekitar 3-5 juta toman, namun pemilik toko menjualnya dengan harga 600-900 ribu toman.
Setelah melihat pengumuman toko tentang masalah tersebut, Wang akhirnya membatalkan pesanannya. Manajer toko akhirnya meminta maaf kepada pelanggan dan mengakui kesalahannya.
Beliau berkata: Karena kesalahpahaman ini, kami telah melakukan kesalahan yang signifikan, kami menyadari bahwa masalah ini telah menimbulkan kebingungan di masyarakat dan sangat meresahkan pasar, kami merasa sangat bersalah dan sedih.
Manajer di toko tersebut mengatakan bahwa mereka sekarang hanya memiliki enam karyawan dan hanya menghasilkan sedikit keuntungan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut manajemen, potensi kerugian tersebut merupakan angka yang sangat besar bagi perseroan.
Dia berkata: “Kami merasa sangat bersalah dan kecewa. Ribuan pesanan dan jutaan yuan adalah angka yang besar bagi kami. Kami sangat menyesal untuk semua pelanggan yang terkena dampak.”
Toko meminta pelanggan untuk membatalkan pesanan mereka dan mengembalikannya ke pelanggan sesegera mungkin. Perusahaan juga merilis video seorang karyawan yang melakukan kesalahan penetapan harga: “Kami dengan rendah hati meminta Anda memahami masalah kami dan setuju untuk membatalkan pesanan. Kami akan mengembalikan uang Anda sesegera mungkin.” (fdl/fdl)