Jakarta –
Tokopedia akan menyesuaikan tarif layanan keanggotaan Power Merchant dan Power Merchant PRO mulai 1 Mei 2024. Berdasarkan laman penjual Tokopedia, tarif layanan akan berubah dari 2% menjadi 6,5%.
“Pada 1 Mei 2024, Tokopedia akan menyesuaikan tarif layanan untuk penjual Power Merchant dan Power Merchant PRO dari 2% menjadi 6,5%,” kata Tokopedia, Jumat (26/4/2024), seperti dikutip detikcom.
Biaya layanan akan dihitung sesuai dengan kategori produk yang dijual, misalnya berlaku biaya layanan sebesar 6,5% untuk produk yang dijual di kategori A. Rinciannya sebagai berikut: – Grup A 6,5% service charge – Grup B 5,5% service charge – Grup C 4% service charge – Grup D 3,1% service charge – Grup E 2% service charge.
Untuk produk elektronik, produk seperti kamera, televisi, perangkat komputer, dan laptop termasuk dalam kategori A, B, dan C dengan tarif service charge sebesar 4-6,5%. Kategori A, B dan C juga mencakup produk ponsel dan tablet.
Sedangkan kategori fesyen seperti pakaian anak-anak, fesyen muslim, fesyen wanita, dan fesyen pria termasuk dalam kategori A dan C dengan tarif service charge masing-masing sebesar 6,5% dan 4%. Kategori kesehatan, kecantikan, dan perawatan tubuh dibagi lagi menjadi kategori A, B, dan C. Produknya antara lain aksesoris rambut, riasan, masker medis, parfum, dll. termasuk.
Pakaian olahraga, peralatan memancing, sepeda dan banyak lagi. seperti produk olah raga termasuk kategori A dan B dengan service charge 6,5% dan 5,5%. Selain itu, aksesoris mobil seperti suku cadang sepeda motor, bahan bakar, sepeda listrik, dan sepeda motor termasuk dalam kategori A, B, D dan E dengan tarif servis masing-masing sebesar 6,5%, 5,5%, 3,1% dan 2%.
Penjual dapat memeriksa biaya layanan di halaman tambah dan edit produk. Caranya, masukkan kategori produk Anda di bagian kategori produk, lalu tentukan biaya layanan per produk. (bulanan/pertengahan)