Jakarta –
Read More : Permintaan Tinggi, Mitra Huawei Kewalahan Produksi Mate 70 Series
Layanan media sosial X, yang sebelumnya bernama Twitter, membuat heboh dengan mengumumkan kenaikan harga pada paket berlangganan utamanya, yakni.
Mulai Sabtu 21 Desember 2024, pengguna di Indonesia harus merogoh kocek lebih dalam yakni Rp 355rb per bulan atau Rp 3,7 juta per tahun, hampir dua kali lipat dari harga sebelumnya yang hanya Rp 180rb per bulan atau Rp 1,875 juta per bulan per tahun.
Namun kenaikan harga ini hanya berlaku untuk X Premium Plus. Paket lainnya seperti X Basic dan X Premium tetap dengan harga lama. X Basic masih dibanderol Rp33.750 per bulan atau Rp357.143 per tahun, sedangkan X Premium dipatok Rp120 ribu per bulan atau Rp1,25 juta per tahun.
Dalam keterangan resminya, X mengungkapkan bahwa kebijakan ini diambil untuk memperkuat dukungan bagi pembuat konten di platformnya. Dengan model bagi hasil yang baru, kreator kini dapat memperoleh lebih banyak pendapatan yang tidak hanya bergantung pada iklan.
“Langganan Anda sekarang secara langsung mendukung program penulis kami yang sedang berkembang. Kami telah mengubah model bagi hasil untuk menghargai kualitas dan keterlibatan konten, bukan hanya tayangan iklan,” kata X dalam situs resminya, dikutip detikINET, Kamis (26/12) / ). 2024).
Meski harganya naik signifikan, X Premium Plus menawarkan sejumlah fitur eksklusif. Salah satunya adalah pengalaman menjelajah platform tanpa gangguan iklan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna premium.
Selain itu, pelanggan juga mendapatkan akses lebih awal terhadap fitur-fitur baru yang dikembangkan, serta penggunaan layanan Grok AI dengan kemampuan lebih besar. Grok AI adalah teknologi AI andalan X yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menjelajahi informasi dan berinteraksi di platform.
Pengguna baru yang mendaftar setelah tanggal 21 Desember 2024 akan langsung dikenakan biaya baru. Sedangkan pelanggan eksisting yang sudah berlangganan X Premium Plus akan mulai mengalami perubahan harga pada billing cycle berikutnya yaitu 20 Januari 2025.
Dengan strategi ini, X tidak hanya berupaya meningkatkan pendapatan, namun juga membangun ekosistem kreator yang lebih berkelanjutan. Meskipun kenaikan harga merupakan topik hangat, keputusan tersebut menunjuk pada strategi baru X sebagai platform dengan fokus pada kualitas konten dan keterlibatan pengguna.
*Artikel ini ditulis oleh Dita Aliccia Armadani, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom. Tonton “Video: Elon Musk Mengucapkan Terima Kasih dan Miring di X Bikin Mata Berdarah” (rns/hps)