Jakarta –
Read More : Pasokan Tipis Jadi Biang Kerok Stok Gula Langka di Indomaret cs
PT Pindad (Persero) memproduksi Maung MV3 di dalam negeri. Proses pembuatannya, mulai dari desain hingga perakitan, dilakukan di Indonesia.
Pindad memperlihatkan proses pembuatan MV3 Maung dalam video yang diunggah ke akun YouTube miliknya. Menurut Pindad, proses pembuatannya diawali dengan spesifikasi teknis dan kebutuhan pengguna yang dituangkan dalam System Requirement Spesification (SRS) serta Master Plan Pengujian dan Evaluasi.
Tim engineering PT Pindad kemudian mengembangkan desain mulai dari sketsa konsep hingga desain teknis, meliputi penyesuaian performa, desain eksterior, desain interior, penentuan material interior dan eksterior, serta berbagai detail komponen sesuai dimensi dan regulasi kendaraan.
Tahap produksi selanjutnya adalah fabrikasi dan perakitan, yang mengkonfirmasi hasil desain. Proses pembuatannya diawali dengan proses pengubahan die menjadi cetakan untuk komponen-komponen utama seperti body samping, pintu, kap mesin, fender dan bagian interior body, termasuk komponen tambahan seperti bracket, bumper dan komponen interior. Komponen-komponen tersebut disatukan pada saat proses pengelasan bodi, dilanjutkan dengan proses pengecatan dan perakitan akhir di area pemotongan. Setelah perakitan akhir, kendaraan menjalani proses kendali mutu, pengujian fungsional, dan sertifikasi untuk memastikan kinerja optimal sesuai kriteria pengguna.
“Belum ada pabrikan di Indonesia yang melakukan full cycle pengembangan kendaraan di tingkat nasional, yakni pengembangan mulai dari tahap desain, pengembangan produk, validasi, sertifikasi, dan produksi massal. Oleh karena itu, kehadiran PT Pindad diperlukan untuk menciptakan ekosistem yang utuh guna mendukung pembangunan. dan manufaktur industri otomotif nasional,” kata Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Sigit P. Santosa dalam siaran persnya.
“Tim teknik Pindad memaparkan konsep kendaraan Maung dengan kearifan lokal berupa tahap desain dan pengembangan, persyaratan, produksi dan perakitan, serta pengujian dan evaluasi. Pengembangan kemampuan rekayasa dan produksi massal dibangun tidak hanya di PT Pindad, tetapi juga di ekosistem pemasok yang ada, jumlahnya ratusan, dan tersebar di seluruh Indonesia. Kami mendukung optimalisasi ekosistem industri otomotif dalam negeri dengan memprioritaskan komponen lokal yang belum tersedia di dalam negeri, seperti mesin, transmisi, dan komponen. dalam kasus lain kami bekerja sama dengan mitra strategis global dari dunia industri. Tentu semuanya ada proses dan kita membangun industri otomotif nasional selangkah demi selangkah,” lanjut Sigit.
Platform MV3 saat ini digunakan untuk berbagai kendaraan operasional dengan varian seperti Tangguh, Jelajah dan Komando, serta pengembangan lain dari basis kendaraan tersebut yaitu limusin MV3 Garuda untuk kendaraan operasional kepresidenan RI 1 dan RI 2. Varian Maung Tangguh juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai acara pemerintahan, salah satunya adalah kendaraan operasional Popemobile Paus Fransiskus pada kunjungan apostoliknya ke Indonesia, kendaraan tersebut inspektur upacara (Irup), digunakan oleh Presiden Republik Indonesia. , Panglima TNI, Kapolri di berbagai acara pemerintahan, dan juga menjadi mobile jammer untuk memerangi drone. Saksikan video “Video: Menteri Negara Beri pengarahan kepada Menteri tentang perkembangan pembuatan kendaraan dinas di Maung” (rgr/mhg)