Jakarta –
Industri pariwisata di Indonesia memasuki era baru dengan komitmen yang semakin kuat terhadap kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.
Dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan dan investasi di sektor pariwisata, pemerintah Indonesia telah menetapkan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) yang mengesankan, antara lain Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang, Bromo, Wakatobi, Pulau Morotai dan Tanjung Lesung.
Sejalan dengan komitmen tersebut, AQUA bersama Wonderful Indonesia menghadirkan kampanye “100% Murni, 100% Indonesia Adventure” yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata prioritas.
Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan selama melakukan perjalanan sadar.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kampanye ini sejalan dengan semangat pemerintah Indonesia yang mengedepankan Green Tourism dan menuju Regenerative Tourism.
“Karena kita tahu permasalahan sampah masih menjadi masalah bagi pariwisata kita, namun dengan kampanye dan kerjasama dengan AQUA dan Pandawara kita akan mengatasi permasalahan sampah dan memberikan dampak positif bagi pariwisata hijau,” kata Sandiaga saat ditemui di Labuan Bajo. Rabu (29/5/2024).
Menurut Sandiaga, kampanye ini juga sejalan dengan semangat Wonderful Indonesia yang menjaga kebersihan seluruh destinasi indah di Indonesia.
“Saya berharap gerakan ini terus berlanjut dan menggerakkan lebih banyak orang seperti yang dilakukan Pandawara,” ujarnya merujuk pada Pandawara Group, sebuah kelompok perlindungan lingkungan hidup di Bandung, Jawa Barat.
Lebih dari itu, AQUA ingin melalui kampanye ini mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, dalam memilih air mineral yang tepat: berkualitas tinggi dan ramah lingkungan. Air mineral yang berkualitas tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.
Untuk itu, penting bagi konsumen untuk mampu memilih air minum yang tepat, yang tidak hanya memberikan manfaat positif bagi tubuh, namun juga memiliki tanggung jawab untuk menjamin kelestarian lingkungan agar tetap terjaga kualitasnya untuk generasi mendatang.
“AQUA selalu berkomitmen untuk menyediakan air minum yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia dengan tetap menjaga kelestarian sumber airnya. Hal ini kami lakukan karena kualitas air bergantung pada sumbernya dan kelestarian lingkungan sekitar,” ujar Vera Galuh Sugijanto, Wakil Presiden. Sekretaris Umum. dari Danone Indonesia di acara yang sama.
“Melalui kampanye ‘100 persen murni, 100 persen petualangan Indonesia’, kami ingin menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat, khususnya di kalangan generasi muda, dan mengajak mereka untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam Indonesia. Dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, kami akan semua menjadi “bagian dari menjaga kelestarian sumber daya air di Indonesia agar tetap murni 100 persen agar generasi mendatang dapat terus menikmatinya,” lanjutnya.
Sebagai bagian dari penerapan ekonomi sirkular dan pengelolaan sampah kemasan pasca konsumen melalui komitmen #Plasticwise, AQUA juga mengembangkan berbagai infrastruktur pengelolaan sampah, memberikan edukasi kepada konsumen dan masyarakat serta mengembangkan berbagai inovasi kemasan ramah lingkungan.
Hingga saat ini, AQUA tercatat telah mengembangkan enam unit daur ulang (RBU) dan 10 pusat pengumpulan, memberikan bantuan kepada 26 Tempat Pengolahan Sampah Reuse-Reduction-Recycling (TPS3R) dan 2 TPST, serta lebih dari 60 unit bank sampah.
Di beberapa destinasi wisata prioritas antara lain Candi Borobudur, Labuan Bajo, Danau Toba, Mandalika, dan Likupang, AQUA juga mengembangkan dukungan fasilitas pengolahan sampah seperti pusat pengumpulan dan bank sampah.
Melalui berbagai inisiatif tersebut, AQUA telah berhasil mengumpulkan lebih dari 22.000 ton sampah plastik per tahun, yang kemudian didaur ulang sebagai bahan baku untuk mengemas botol baru atau produk lain yang memiliki nilai ekonomi.
NEXT: Perkumpulan di Labuan Bajo Saksikan video “Anita Tanjung Berikan Trauma Healing Kepada Anak Korban Gempa Cianjur” (suc/top)