Ibukota Jakarta –

Apple baru saja merilis iPad Air dan iPad Pro baru dengan banyak peningkatan. Namun perhatian netizen tertuju pada iklan iPad Pro hingga membuat Apple meminta maaf.

IPad Pro yang diumumkan dalam bentuk video dibagikan di akun Twitter/X CEO Apple Tim Cook dan saluran YouTube resmi Apple. Laporan jangka panjang ini menunjukkan bagaimana mesin press hidrolik raksasa menghancurkan aset kreatif seperti piano, lukisan, musik, buku, foto, dan banyak lagi.

Setelah perangkat dibongkar, mesin press hidrolik perlahan diangkat, memperlihatkan iPad Pro di bawahnya. Pengumuman tersebut juga memperkenalkan model iPad Pro baru, yang lebih canggih namun tetap bertenaga.

Melalui pengumuman tersebut, Apple sepertinya ingin menunjukkan bahwa iPad Pro kini menjadi perangkat serbaguna yang dapat membantu pengguna melakukan hal-hal kreatif seperti menulis musik, menggambar, bermain, dan lainnya.

Namun di era kecerdasan buatan (AI) di mana banyak pekerja kreatif merasa pekerjaannya terancam oleh mesin, banyak netizen dan pekerja yang melihat iklan ini sebagai upaya menggunakan kekuatan mesin untuk mengubah ide masyarakat.

Beberapa netizen menyebut iklan tersebut konyol, bahkan ada pula yang menyebut iklan tersebut membuat mereka malu untuk membeli produk Apple. Aktor terkenal Hugh Grant bahkan menyebut iklan ini sebagai bencana pengalaman manusia.

“Penghancuran pengalaman manusia. Penerimaan Silicon Valley,” kata Grant dalam cuitan di X, dikutip 9to5Mac, Jumat (10/5/2024).

Sebagian besar kritik datang dari netizen Jepang, yang menganggap iklan tersebut tidak menghormati artis dan alat yang mereka gunakan. Banyak masyarakat Jepang yang menentang iklan ini karena tidak sesuai dengan konsep ‘tsukumogami’.

“Beberapa orang merasa terganggu dengan kepercayaan pada ‘Tsukumogami’ – gagasan bahwa alat kreatif mempunyai pikirannya sendiri (ide), jadi menghancurkannya adalah kejahatan nyata.”

Setelah berhari-hari mendapat kritik keras, Apple akhirnya meminta maaf. Dalam pernyataannya kepada AdAge, VP Komunikasi Pemasaran Apple Tor Myhren mengatakan iklan tersebut tidak pantas dan tidak akan muncul di televisi.

“Inovasi ada dalam DNA kami di Apple, dan penting bagi kami untuk menciptakan produk yang menginspirasi para kreator di seluruh dunia,” kata Myhren.

Dia menambahkan: “Tujuan kami selalu merayakan banyaknya cara pengguna dapat mengekspresikan diri dan menyampaikan ide-ide mereka melalui iPad. Kami meleset dari sasaran dan meminta maaf”. Tonton Video “Spesifikasi dan Harga iPad Pro 2024” (vmp/vmp)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *