Jakarta –

Varises adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah vena atau vena menonjol dan tumbuh di bawah permukaan kulit. Kondisi ini biasanya terjadi pada kaki atau pergelangan kaki.

Seorang ahli bedah yang berspesialisasi dalam bedah vaskular dan endovaskular di Rumah Sakit Royal Progress, Dr. Hendra Wibowo, SpB, Subsp, BVE(K), menjelaskan varises merupakan suatu kondisi dimana pembuluh darah vena membesar atau menyempit sehingga menghambat aliran darah. jantung

“Pada varises ini, masalahnya ada pada pembuluh darah vena. Ada katup di pembuluh darah yang mencegah darah turun kembali. Jadi darah dari kaki kembali ke jantung, dan katup tersebut bekerja untuk mencegahnya.” turun kembali,” jelas dr Hendra dalam jumpa pers di Jakarta Utara, Kamis (2/5/2024).

“Pada varises, katupnya rusak dan menyebabkan darah yang terangkat kembali ke dasar, atau yang kita sebut dengan refluks. Jika darah kembali ke dasar, tekanan di dalam vena meningkat sehingga menyebabkan pembuluh melebar.” itu yang biasa kita lihat sebagai varises,” lanjutnya.

Ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan varises pada seseorang. Penyebab paling umum adalah faktor genetik atau riwayat keluarga dan usia. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang berusia di atas 55 tahun, ketika pelebaran dan katup pembuluh darah sedang memburuk.

Selain itu, varises bisa disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan, masalah mikrosirkulasi pada pembuluh darah, dan kebiasaan tidak bekerja atau bermalas-malasan. Namun, wanita seringkali menghadapi varises. Menyukai?

“Lebih banyak wanita dibandingkan pria yang sebenarnya menderita varises. Hal ini disebabkan oleh faktor hormonal,” kata dr. Hendra.

“Wanita sedang mengalami menstruasi, hamil, dan menopause. Jadi ketiga fase ini sangat berperan dalam kekuatan dinding pembuluh darah, terutama pada pembuluh darah vena,” lanjutnya.

Selain itu, varises juga cenderung terjadi pada wanita yang sering memakai sepatu tinggi. Dalam keadaan ini, tanpa disadari betis akan mengalami kontraksi yang progresif.

Mengenakan sepatu hak tinggi akan membuat kaki Anda tetap waspada dalam waktu lama. Jika hal ini terjadi, kaki akan mengecil dan membatasi sirkulasi darah ke kaki.

“Jika kontraksi terus berlanjut maka aliran darah tidak baik dan muncul varises,” tutupnya. Tonton video “Pengenalan DSA, pemindaian arteri risiko rendah” (sao/kna)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *