Jakarta –

Satelit Starlink milik Elon Musk akan segera tersedia sehingga masyarakat Indonesia dapat mengakses Internet. Pada gilirannya, operator satelit lokal menyatakan kemungkinan menyediakan konektivitas di dalam negeri.

Diketahui pada akhir tahun 2024, kemampuan satelit nasional akan memungkinkan throughput Internet nasional mencapai hampir 400 Gb/s. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan jangka menengah.

Hal tersebut diungkapkan CEO Pacific Satelit Nusantara (PSN), Adi Rahman Adiwoso. Dijelaskannya, pertumbuhan industri satelit dalam negeri terus berkembang dan pasar bergerak dinamis dengan masuknya operator asing yang akan bekerja di Indonesia. Meski demikian, Adi meyakini perusahaan-perusahaan Indonesia mempunyai kemampuan dan harus menjadi pemain utama dalam memenuhi kebutuhan akses Internet di Indonesia.

Apalagi, kata Adi, pemerintah memberikan dukungan penuh kepada operator dalam negeri sesuai dengan “Visi Digital Indonesia 2045”. Menurutnya, dukungan ini akan semakin memperkuat operator nasional sebagai tuan rumah di negaranya sendiri.

“Dengan pengalaman selama 33 tahun di industri satelit Indonesia, PSN berperan aktif dalam memperluas kapasitas satelit tanah air. Pemanfaatan Internet satelit melalui kemampuan operator satelit nasional dapat mendukung kedaulatan negara,” kata Adi dalam keterangan tertulisnya. Rabu (17/04/2024).

Namun, Adi mengatakan jika kapasitas masih terbatas, operator satelit asing bisa menyediakan lebih banyak. Dengan harapan masyarakat bisa mendapatkan kapasitas yang dibutuhkannya dengan harga yang wajar.

Namun demikian, perlu dikaji lebih jauh apakah praktik operator satelit asing menjual produk di suatu negara dengan harga lebih rendah dibandingkan di negara asal sesuai dengan prosedur perdagangan internasional, kata Adi.

“Sampai saat ini, belum ada operator domestik yang meminta perlindungan biaya atau tarif atas layanan yang diberikan kepada publik dari operator satelit asing,” lanjutnya.

Adi menambahkan, keunggulan lain dari operator lokal adalah keamanan data konsumen karena mematuhi peraturan pemerintah dan sebagian besar sumber daya manusia (SDM) yang terlibat dalam operasional infrastruktur adalah orang Indonesia.

“Hal ini menjadikan operator lokal sebagai pilihan terpercaya bagi konsumen untuk menjaga keamanan data guna mencegah kebocoran dan penyalahgunaan data,” kata Adi.

Menanggapi posisi Starlink sebagai pemain global yang memberikan akses Internet langsung kepada masyarakat Indonesia, PSN berharap operator asing mampu memenuhi seluruh regulasi berlaku yang ditetapkan pemerintah.

“Hal ini dimaksudkan untuk menjamin adanya level playing field yang juga akan didukung oleh pemerintah, baik dari segi komunikasi, regulasi bisnis dan perpajakan, serta perdagangan internasional,” tegas Eddy.

Saat ini Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama PSN dan pihak lain sedang menyiapkan “space policy” yakni kebijakan antariksa pada tahun 2045 agar Indonesia bisa menjadi pemain utama di bidang antariksa dan menjadi tulang punggung. negara.

“PSN sebagai operator Internet satelit nasional akan fokus pada inovasi dan sinergi untuk mendukung pemerintah dalam pemerataan akses Internet secara berkelanjutan dan memperkuat kemandirian satelit nasional yang merupakan kunci keberhasilan mewujudkan visi Indonesia Digital 2045. ,” pungkas Adi. Tonton video “SpaceX berhasil meluncurkan satelit Starlink dari roket Falcon 9” (agt/agt)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *