Jakarta –
Memaksimalkan bisnis Anda di tengah persaingan yang ketat bukanlah hal yang mudah. Perusahaan konsultan TI Devoteam dan Intel juga membahas peran kecerdasan buatan generatif (Gen AI) dalam mempercepat proses bisnis.
“Anda dapat meningkatkan bisnis Anda dengan menggunakan pencarian semantik untuk meningkatkan kemampuan pencarian Anda. Dengan menggunakan teknologi ini, hasil pencarian akan akurat. Pengguna dapat melakukan pencarian menggunakan bahasa alami dan Gen AI kemudian dapat memahami konteks apa yang dicari pengguna, jadi sehingga proses pencarian menjadi lebih mudah dan cepat,” kata Fauzal Atmodirono, Head of Data and Artificial Intelligence/Machine Learning dari Devoteam Indonesia.
Untuk itu, Devoteam bekerja sama dengan Intel meluncurkan acara bertajuk “Maksimalkan bisnis Anda dengan manajemen pengetahuan yang didukung Gen AI” pada Rabu (18 Desember 2024) di Hotel JS Luwansa Jakarta.
Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman lebih lanjut mengenai manajemen pengetahuan berbasis AI untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Dengan cara ini, kami berharap dapat berdampak pada akselerasi bisnis.
Dijelaskan pula beberapa tips memaksimalkan bisnis Anda dengan manajemen pengetahuan (KM) yang dibangun di atas Gen AI. Hal ini mencakup: 1. Pengumpulan dan pengorganisasian pengetahuan Basis pengetahuan terpusat: Menggunakan platform berbasis cloud yang didukung oleh Gen AI untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengatur data bisnis seperti SOP, pengetahuan pelanggan, dan dokumen penting lainnya Pemrosesan data otomatis: Menggunakan Gen AI untuk memproses dan menganalisis data tidak terstruktur seperti email, laporan, atau umpan balik pelanggan. 2. Alat kolaborasi tim yang didukung AI yang ditingkatkan: Integrasikan alat kolaborasi yang memanfaatkan Gen AI untuk memberikan saran, meringkas rapat, atau menjawab pertanyaan internal berdasarkan dokumen langsung. T&J: Bangun chatbot yang didukung oleh Gen AI yang dapat dengan cepat menjawab pertanyaan anggota tim dengan mengunjungi pengetahuan orang dalam perusahaan. 3. Pembuatan dan Dokumentasi Konten Pembuatan Konten Otomatis: Gunakan Gen AI untuk secara otomatis membuat laporan, panduan, atau materi pemasaran berdasarkan data yang tersedia. Penerjemahan dan Pelokalan: Jika bisnisnya bersifat internasional, gunakan Gen AI untuk menerjemahkan dan mengadaptasi konten untuk berbagai bahasa dan budaya .4. Jalur pembelajaran yang dipersonalisasi untuk pelatihan dan pengembangan karyawan: Gunakan Gen AI untuk membuat modul pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap karyawan berdasarkan data penilaian mereka. Pendampingan Virtual: Bangun asisten virtual bertenaga AI untuk menjawab pertanyaan dan memberikan panduan secara instan. 5. Analisis & Peramalan Peramalan Tren: Gen AI dapat digunakan untuk menganalisis tren pasar berdasarkan data internal dan eksternal Peramalan Masalah: Identifikasi potensi masalah atau hambatan operasional melalui analisis data waktu nyata. 6. Optimalisasi proses bisnis Otomatisasi alur kerja: Gunakan Gen AI untuk mengotomatiskan proses manual, seperti manajemen inventaris, pemrosesan dokumen, atau manajemen proyek Peningkatan proses: Gen AI dapat memberikan rekomendasi berdasarkan data untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis. 7. Meningkatkan pengalaman pelanggan Chatbots dan Asisten Virtual: Gunakan Gen AI untuk menghadirkan chatbots yang dapat memberikan dukungan pelanggan pada hari tertentu dalam seminggu. Wawasan Pelanggan: Menganalisis data pelanggan untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan relevan. 8. Keamanan Data dan Kepatuhan Sistem Manajemen Pengetahuan yang Aman: Pastikan sistem manajemen pengetahuan yang didukung Gen AI memiliki protokol keamanan yang ketat untuk melindungi data sensitif. Pemantauan Kepatuhan: Gunakan Gen AI untuk memastikan seluruh proses bisnis mematuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku. 9. Pantau dan evaluasi pelacakan kinerja: Gunakan Gen AI untuk memantau penggunaan sistem KM, mengidentifikasi area yang kurang dimanfaatkan, dan memberikan pelaporan kinerja. Putaran Umpan Balik: Kumpulkan umpan balik dari karyawan dan pelanggan untuk terus meningkatkan sistem KM. 10. Mendorong budaya pembelajaran berkelanjutan dan berbagi pengetahuan: Gen AI dapat membantu menciptakan budaya berbagi pengetahuan dengan menyederhanakan akses dan kolaborasi. Mempromosikan inovasi: Mendorong inovasi dengan memberikan akses terhadap pengetahuan baru yang dihasilkan oleh Gen AI.
Acara diisi dengan segmen talkshow AI yang menghadirkan tamu antara lain Aditya Pratama Account Manager Devoteam Indonesia, CTO Pashouses Budi Waskita, Muhamad Kamal Country Enterprise Technology Architecture Intel Corporation dan Komang Tryana Mertayasa Machine Learning Engineer Devoteam Indonesia.
“Mesin pencari adalah cetak biru masa depan, dan pencarian semantik meningkatkan fungsinya dengan memahami maksud, menjadikan proses pencarian lebih cerdas, cepat, dan intuitif,” kata Komang.
Tonton video “Intel akan memberhentikan 15.000 karyawan di tengah situasi keuangan yang buruk” (Tanya/Ajukan pertanyaan)