Jakarta –
Read More : Tak Perlu ke Bank, Buka Blokir Akun BRImo Cukup Pakai HP Saja!
Pengusaha ritel dan pengusaha pusat perbelanjaan bekerja sama dengan Pemilihan Bupati (Pilkada) menggelar pesta diskon bertajuk Klingking Fun. Langkah ini telah meningkatkan akses ke pusat perbelanjaan dan ritel sekaligus mengurangi kepadatan pekerja kerah putih.
Budihardjo Iduanjah, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Ritel dan Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), mengatakan pemilihan kepala daerah pada 27 November bisa mendongkrak penjualan. Misalnya, penjualan di sektor makanan dan minuman meningkat tiga kali lipat pada tahun lalu.
Artinya setelah menggunakan hak untuk memenuhi atau tidak menyerah, bisa langsung membeli barang atau keluar. Program 27 November (November) bersama-sama, banyak juga anggota yang mengirimkan paket diskon, lalu semuanya retail, mall, Cuacanya diperkirakan bagus semua,” kata Budi saat jumpa pers di Hotel ICE BSD Sentica Tangerang, Jumat (15/11/2024).
Budi mengatakan, masyarakat bisa mengunjungi mal atau retail setelah melakukan pencoblosan. Masyarakat bisa memberikan bukti dengan menudingkan jari.
“Pulang ke kampung halaman (pemungutan suara) akan kami bantu berupa diskon atau kelonggaran di kereta api, mal, dan asosiasi lainnya, asalkan mereka angkat tangan. Ya di tangan mereka ada tinta, tinta merah, tinta kuning, tinta biru, apa pun maksudnya, itu sudah kerja demokrasi, dan kita harapkan November pemulihan ekonomi,” kata Budi.
Sementara itu, Presiden Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja mengatakan, kampanye tersebut juga dilakukan saat pemilihan umum (pemilu) beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, hasilnya cukup sukses dan menggembirakan karena tingkat partisipasi pemilih pada pemilu presiden berkisar 82%.
“Jadi saya kira akan kita lanjutkan, kita belajar dari pengalaman bulan Februari lalu, maka tahun ini kita lanjutkan, tentunya masih di bawah koordinasi Apindo, dan kali ini saya kira Ka juga akan membantu mengoordinasikan itu,” kata Alphonsus, “menurutku itu sangat kuat, begitu, akan beresonansi.”
Alphonsas mengatakan mal akan menambah promosi dari pengecer, seperti poin reward dan tarif parkir gratis. Ia mengatakan, kampanye ini akan digelar serentak di seluruh Indonesia, dengan peserta sekitar 400 pusat bisnis.
“Jadi di retail-retailnya banyak yang kasih diskon, mudah-mudahan Pak Budi kasih diskon 90% itu saja. Ini akan menjadi, ‘Oke, belanja.’ Pusat nantinya akan menawarkan promosi tambahan yang ditawarkan setiap pusat perbelanjaan.”
Senada, Anggana Bunawan, Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), mengatakan program ini memberikan diskon mulai dari 10% hingga 50%. Ia berharap program tersebut dapat memberikan dorongan untuk menggerakkan roda perekonomian.
“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada mitra kami Pak Budi dan Pak Alphonsus, dan ya diskonnya 10-50%. Semoga ini juga bisa menginspirasi sebuah pikap. “Karena ditopang oleh konsumsi dalam negeri yang kita tahu itu struktur perekonomian kita.” (RRD/RRD)