Jakarta –

Jumlah penderita gagal ginjal yang diduga disebabkan oleh produk kesehatan Jepang kini mencapai 257 orang. Mereka semua dalam perawatan intensif di rumah sakit.

Beras ragi merah, suplemen yang dirancang untuk menurunkan kolesterol jahat, juga dilaporkan menyebabkan sedikitnya lima kematian. Sementara itu, lebih dari 1.500 orang mengunjungi fasilitas kesehatan setelah mengalami gejala setelah mengonsumsi suplemen.

Pembuat suplemen terkait, Kobayashi Pharmaceutical, telah berjanji untuk membayar tagihan medis orang-orang yang jatuh sakit setelah mengonsumsi suplemen ragi merah yang bermasalah.

Pada hari Jumat, dewan perusahaan mengadakan panel pihak ketiga yang terdiri dari tiga ahli hukum untuk menyelidiki penanganan masalah tersebut oleh perusahaan. Perusahaan mengatakan dalam siaran persnya pada hari Kamis bahwa mereka akan mengganti biaya pengobatan dan biaya transportasi bagi mereka yang membutuhkan perawatan medis setelah mengonsumsi suplemen ragi merah dari perusahaan yang diakuisisinya setelah Juli 2023.

Pasien perlu memberikan surat keterangan dokter untuk menerima santunan. Ini juga akan mengganti biaya pengobatan dan transportasi bagi pelanggan yang mengunjungi dokter untuk memeriksa kesehatannya setelah mengonsumsi suplemen.

Perusahaan menambahkan bahwa pengembalian dana tersebut merupakan tindakan sementara dan kompensasi yang sesuai akan diberikan jika hubungan sebab akibat antara masalah kesehatan pelanggan dan produk perusahaan terbukti. Namun tidak disebutkan kapan pemberian kompensasi tersebut.

“Saat ini belum jelas apa penyebabnya (masalah kesehatan), bagaimana terjadinya, dan apakah ada kaitan antara produk kami dengan penyakit terkait ginjal. Namun, kami sedang berupaya mengidentifikasi penyebabnya. Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Japan Today mengutip “Departemen Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan dan Institut Ilmu Kesehatan Nasional,” kata sebuah pernyataan perusahaan.

Beras ragi merah terbuat dari beras ragi merah yang difermentasi dan digunakan dalam berbagai suplemen Kobayashi Pharmaceutical dan juga dijual terpisah sebagai bahan ke produsen lain. Investigasi yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan dan Institut Ilmu Kesehatan Nasional menemukan setidaknya dua senyawa yang biasanya tidak terdeteksi dalam suplemen. Kobayashi Pharmaceutical sebelumnya mendeteksi asam muda, senyawa alami sangat beracun yang diekstrak dari jamur biru, dalam suplemennya.

Pihaknya juga mengangkat persoalan yang dianggap sulit karena rantai pasok perusahaan yang luas. Basis data Imperial melaporkan bahwa 4.822 perusahaan membeli beras ragi merah dari Kobayashi pada bulan Maret, lebih dari sepertiganya adalah produsen makanan dan minuman.

Taiwan adalah satu-satunya negara yang melaporkan gejala serupa setelah mengonsumsi beras ragi merah, dengan 58 orang mengalami reaksi tak terduga pada hari Kamis, termasuk orang yang mengonsumsi suplemen yang dibuat oleh Kobayashi Pharmaceuticals atau perusahaan lain yang menggunakan bahan-bahan Kobayashi. .

Gejala umum yang dilaporkan di Taiwan termasuk penurunan fungsi ginjal, darah dalam urin, dan nyeri pinggang. Tonton video “BPOM Pastikan Suplemen ‘Beni-Koji’ Penyebab Masalah Ginjal Tidak Masuk RI” (naf/kna)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *