Jakarta –
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau lebih dikenal dengan PELNI sepakat untuk memperkuat ekosistem layanan dengan memperkenalkan fitur pemesanan tiket kapal dan payment point PELNI melalui agen BRILink di seluruh Indonesia.
Keputusan ini didasari oleh pertumbuhan signifikan penjualan kartu pengiriman online yang diperkirakan akan terus tumbuh pada tahun depan.
“Untuk membangun ekosistem BRI yang lebih luas dan inklusif, bermitra dengan PELNI sebagai penyedia layanan kartu maritim terkemuka merupakan sebuah langkah strategis. Kami yakin kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi AgenBRILink dan masyarakat,” ujar Senior Executive Vice President Ultra (SEVP) . . Mikro BRI Muhammad Candra Utama, dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (12/11/2024).
Berkat kerjasama ini, Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi salah satu saluran utama pemesanan dan pembayaran tiket kapal PELNI. Dengan terintegrasinya fungsi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas layanan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama di wilayah pelosok dan terpencil tanah air.
Kerjasama BRI dan PELNI untuk menambah fungsi penjualan dan pembayaran tiket kapal PELNI melalui AgenBRILink diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pemesanan dan pembayaran tiket kapal. Dengan integrasi ini, penggunaan jasa pelayaran diharapkan menjadi lebih mudah dan efisien, memperkuat peran AgenBRILink di seluruh Indonesia sebagai pilihan utama kebutuhan perjalanan dengan kapal PELNI.
AgenBRILink merupakan mitra strategis BRI untuk memberikan layanan perbankan langsung kepada masyarakat termasuk wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Terlayani) di seluruh Indonesia. Selain memperluas jangkauan layanan, AgenBRILink juga berperan dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat.
Sehubungan dengan hal tersebut, BRI memandang penting untuk memperluas peran AgenBRILink dari penyedia transaksi perbankan menjadi penyedia gaya hidup mikro dan menjadi hub layanan ekosistem sosial yang lebih memenuhi kebutuhan dan gaya hidup nasabah di segmen mikro.
Hingga akhir Agustus 2024, tercatat BRI telah memiliki lebih dari satu juta Agen BRILink yang tersebar di lebih dari 62 ribu desa di Indonesia, atau mencakup 80% dari seluruh desa di Indonesia.
“Langkah ini sejalan dengan komitmen BRI untuk memperluas jangkauan layanannya hingga ke seluruh pelosok Indonesia, termasuk daerah terpencil dan tertinggal. Integrasi penjualan tiket kapal PELNI dan payment point diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan efisien bagi penumpang yang menggunakan pelayaran. pelayanan,” kata Candra.
Sebagai informasi, kerja sama tersebut ditandatangani oleh Kepala Divisi Bisnis BRILink BRI Windriyo Aribowo dan Direktur Bisnis Angkutan Penumpang PELNI Nuraini W serta disaksikan oleh SEVP Ultra Mikro BRI Muhammad Candra Utama.
Tonton juga videonya: Tri Andayani menerima penghargaan sebagai pionir transformasi bisnis transportasi laut
(acd/acd)