Denpasar –

Saat mudik lebaran, terjadi antrean panjang kendaraan yang melintasi pelabuhan Gilimanuk. Ternyata, inilah pelakunya:

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali mengungkap salah satu faktor yang melatarbelakangi panjangnya antrian di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, saat arus mudik dan balik Lebaran. Alasannya adalah jarak antara Denpasar dan Gilimanuk yang dekat.

Sementara sistem kami belum bisa maksimal karena jarak tempuh Denpasar ke Gilimanuk pendek, kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta saat dihubungi, Sabtu (20/4/2024).

Selain itu, kapasitas pelabuhan Gilimanuk tidak mampu menampung peningkatan jumlah angkutan sehingga mengakibatkan pembangunan kendaraan.

“Karena pendek, mereka cenderung berkumpul di Gilimanuk, ingin secepatnya sampai di pelabuhan. Kapasitas pelabuhan dan angkut saat itu belum bisa maksimal,” jelas Samsi.

Meski begitu, dia mengaku tidak ada catatan atau ulasan khusus dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait mudik Lebaran di Pulau Dewata.

“Kita belum menilai, menteri baru menilai kemarin. Tapi di Bali belum ada catatannya,” ujarnya.

Namun, kata Samsi, permasalahan yang terjadi pada mudik lebaran tahun ini akan menjadi perhatian Pemprov Bali. Ia berharap kedepannya tidak terjadi antrian.

Jadi ini bukan persoalan yang harus dibicarakan seluruh negeri. Tapi persoalan ini kita perhatikan, jadi jangan terlalu lama, ujarnya.

Termasuk mudik abal-abal yang kerap muncul saat libur lebaran. Samsi menegaskan, dirinya akan bekerja keras untuk memasukkan perjalanan-perjalanan tersebut ke dalam sistem.

Perjalanan palsu saat liburan hanya muncul ketika permintaan penumpang banyak, banyak perjalanan palsu yang muncul, kata Samsi.

Katanya, ke depan Pemprov Bali bisa mengandalkan hal tersebut dengan menyiapkan program rumah gratis atau sejenisnya.

“Tapi sulit karena mereka (perjalanan bodong) lebih fleksibel dibandingkan bus. Tapi alangkah baiknya kalau misalnya ke depan pemerintah menyiapkan (perjalanan mudik gratis),” ujarnya.

——

Artikel ini diposting di detikBali. Saksikan video “Pelabuhan Gilimanuk Ramai di Hari ke 3 Idul Fitri” (wsw/wsw)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *