Jakarta –
BMW Motorrad Indonesia resmi menghadirkan model andalan dari jajaran petualangannya, R 1300 GS Adventure. Motor legendaris besutan BMW ini dibanderol mulai Rp 1,4 miliar.
‘Petualangan’ dalam namanya bukan hanya berarti varian baru dari BMW R 1300 GS (KA1) yang sudah ada. Pasalnya BMW R 1300 GS Adventure sebenarnya merupakan generasi baru dengan sebutan bodi KA2.
Kemudian, sebagai versi ‘upgrade’ dari R 1300 GS, BMW menghadirkan R 1300 GS Adventure dengan rangka, teknologi mesin, fitur, dan desain yang benar-benar baru.
Salah satu teknologi baru yang paling menonjol di lini BMW Motorrad Adventure adalah Automatic Shift Assist (ASA). Kehadiran teknologi tersebut diklaim mampu mempermudah aktivitas berkendara dengan BMW R 1300 GS Adventure.
Sesuai dengan namanya, teknologi ASA membuat pengemudi tidak perlu repot menekan kopling untuk berpindah gigi. Penggunaan dua aktuator elektromekanis memungkinkan pergantian gigi berjalan mulus tanpa perlu menekan kopling secara manual.
Sistem kerjanya yang tidak mekanis seperti girboks konvensional diklaim mampu membuat perpindahan gigi menjadi cepat dan presisi. BMW mengklaim kehadiran ASA menghilangkan kemungkinan mesin mati akibat salah pergantian gigi saat berpetualang.
Namun ASA menjadi pilihan untuk BMW R 1300 GS Adventure. Untungnya, bagi yang lebih menyukai motor adventure yang lebih ‘tradisional’ masih bisa membeli varian non-ASA, sehingga tetap bisa menggunakan motor ini dengan transmisi manual 6 percepatan dengan kopling yang dapat disesuaikan.
Nantinya, tanpa teknologi ASA, BMW Motorrad merancang R 1300 GS Adventure generasi baru ini dengan desain lebih besar. Tampilannya benar-benar berbeda dengan model KA1.
Secara dimensi, BMW R 1300 GS Adventure mirip dengan model legendaris K52 atau BMW R 1250 GS. Panjang 2.280 mm, lebar 1.012 mm, jarak sumbu roda 1.534 mm.
R 1300 GS Adventure juga dilengkapi tangki besar dengan desain ikonik. Tangki ini mempunyai kapasitas 30 liter. Bobot total motor ini adalah 269 kg yang berarti jauh lebih berat dibandingkan model KA1.
BMW Motorrad telah membekali mesin boxer 2 silinder 1300cc generasi terbaru untuk R 1300 GS Adventure. Diklaim menghasilkan tenaga 145 PS pada 7.750 rpm dan torsi 149 Nm pada 6.500 rpm.
Seperti khas BMW, motor adventure andalan mereka tetap dibekali beragam fitur canggih. Sepeda motor ini memiliki empat mode berkendara seperti Enduro, Rain, Road dan Eco.
Selain itu, fitur ‘Guard’ seperti kontrol torsi mesin, kontrol rem dinamis, dan kontrol hill start juga disertakan sebagai standar pada R 1300 GS Adventure.
Soal harga, PT Layur Astiti Bumi Kengana selaku importir dan distributor resmi merek BMW Motorrad Indonesia, harga motor ini dibanderol mulai dari Rp 1,4 miliar. Berikut daftar harga BMW R 1300 GS Adventure di Indonesia:
BMW R 1300 GS Adventure Trophy Rp 1.460.000.000BMW R 1300 GS Adventure Trophy 1.480.000.000BMW R 1300 GS Adventure Triple Rp 1.000. Hitam dengan ASA Rp 1.480.000.000BMW R 1300 GS Adventure Option 719 Rp 1.530.000.000BMW R 1300 GS Adventure Option 1.550.000.000 “Tes Lengkap Royal Enfield”