Jakarta –

Bagi para streamer yang ingin tampil di Banjir Kanal Timur (BKT), Duren Savite, Jakarta Timur, jarak bukanlah sebuah kendala. Meski jauh, para streamer rela datang ke BKT setiap hari untuk tampil.

Seperti Edo Wardo, seorang streamer yang tinggal di Cileungsi, Jawa Barat. Ia bersiap meninggalkan rumah pada pukul 06.00 WIB dan membutuhkan waktu dua jam untuk sampai ke BKT. Edo biasanya tampil live sekitar 3-4 jam mulai pukul 8 pagi WIB.

“Di sini 8 jam, biasanya kami tinggal di sini 3-4 jam,” kata pria akun TikTok @edwardbaru di sela-sela kesibukannya di BKT Jakarta Timur, Rabu (25 September 2024).

Edo bermain penuh selama 3-4 jam. Semasa hidup, ia biasanya beristirahat untuk duduk dan minum.

“Dia berdiri terus, nyanyi terus, ini saksi (menunjuk penonton). Saya punya teman yang bertanya ketika melihat saya istirahat hanya duduk, minum saja, berdiri tegak dan bernyanyi selama 4 jam, ”ujarnya.

Terkadang dia melanjutkan siaran langsungnya sekitar tiga jam bahkan di rumah. Dia bisa siaran selama 7 jam sehari. “Di Chilensi, saat situasinya masih kuat, ya,” ujarnya.

Sementara itu, streamer lainnya, Dea Iuliani, perlu mengatur waktunya dengan bijak agar bisa live di BKT. Pasalnya wanita berjilbab ini juga bekerja sebagai administrator di sebuah perusahaan ekspedisi. Di sisi lain, ia juga harus mengantar anak-anak ke sekolah.

Biasanya pemilik akun TikTok @baby_dy26 aktif sekitar pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Ia kemudian pulang untuk istirahat karena Dea baru berangkat kerja pada pukul 16.00 WIB.

“Jadi aku pulang dari sini, aku mau tidur dulu. Ya, aku istirahat dulu. Saya akan bangun jam 3 pagi, bersiap-siap, dan berangkat kerja.” “Itu saja, sepulang kerja mungkin saya akan pulang sekitar jam 12 (maksimal tengah malam). Sekarang jam setengah sebelas (12.30 malam),” jelasnya.

Pagi harinya, jelas Dea, ia bersiap-siap mengantar anak-anak ke sekolah, dan juga bersiap untuk siaran langsung di BKT.

“Saya menekannya karena itu tidak masalah. Jadi dia bersiap-siap, saya bersiap-siap. Karena SD dimulai jam 10 pagi ya? Jadi saya melakukannya pada jam 9. Itu saja,” katanya. (akd/rd)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *