Jakarta-

Joko Widodo (Jokowi) resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden ketujuh Indonesia pada Minggu, 20 Oktober 2024. Jokowi digantikan oleh Prabowo Subianto yang dilantik di Kompleks DPR/MPR RI, Senyan.

Sekembalinya dari tugasnya, Jokowi langsung kembali ke Solo pada Minggu sore. Jokowi lepas landas dari Lanud Halim Perdana Kusuma dan terbang menggunakan pesawat Boeing B737 A7309 TNI AU.

Jokowi dan istrinya Iriana tiba di lokasi kejadian didampingi presiden kedelapan Indonesia, Prabowo. Beberapa menteri di pemerintahan Jokowi seperti Sri Mulani Anddrawati, Erlanga Hartarto, Zulkifli Hassan, Eric Thohar, Sandiaga Ono, Basuki Hadimaljanu, Azwar Anas dan lainnya pun menyambut baik kepergian Jokowi.

Sebelum lepas landas, Jokowi menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia. Ia berharap masyarakat tetap harmonis dan bersatu untuk pembangunan Indonesia.

Kata Jokowi di Jakarta, Minggu (20/10/2024) “Bersama, bersatu, mari kita bangun negara ini sesuai dengan apa yang disampaikan Pak Prabowo.”

Ia mengatakan, menjadi presiden adalah pekerjaan yang luar biasa. Apalagi mereka diserahi banyak cita-cita dan cita-cita, meski tidak semuanya bisa terwujud.

“Kerja negara, karya yang besar dengan segala permasalahan yang ada, dengan segala cita-cita yang besar, dengan banyaknya cita-cita masyarakat, tidak mungkin semuanya bisa kita capai,” jelasnya.

Ia kemudian menyerahkan gagasan masyarakat kepada Prabowo. Jokowi kemudian mendoakan Prabu agar selalu sehat.

“Jadi, saya sampaikan kepada Pak Presiden, saya titipkan mimpi, harapan, dan cita-cita besar 280 juta rakyat Indonesia kepada Pak Presiden, Purnawirawan Jenderal TNI, Prabowo Subianto negara yang sangat besar,” tutupnya.

TONTON: Video Momen Perpisahan Jokowi dan Prabowo di Gedung Negara

(itu/das)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *