Jakarta –

Betawi mungkin mempunyai Silat Betawi Silat Cingric. Berbagai langkah telah dilakukan Sekolah Silat Brava untuk mempopulerkan Silat.

Rawa di Jakarta Barat tidak hanya terkenal dengan pasar bunganya, kawasan ini juga identik dengan Perkampungan Silat. Ya, untuk pamer ia tak pernah lelah membudayakan budaya Batawi.

Menurut Robi Indra, Sekjen Rawa Desa Silat, kebangkitan Silat di Raba Ballon, khususnya Silat Cingrik, lebih cepat dibandingkan kebangkitan kesenian Betawi.

“Di Bram Balon, Dafur ketimpring sudah tidak banyak dimainkan lagi karena yang memainkannya sudah tua, banyak yang meninggal. Tidak ada kebangkitan, ada kromung gambang, di sini juga ada tariannya, jadi kita berevolusi. mereka,” kata Robin pada 11 Oktober 2024 Selamat kepada detikTravel.

Nah, Silat Singari ini “lebih kuat” karena ditujukan untuk anak sekolah. Robin Bataway, CEO Rava College of Education, Ginkrick mengunjungi sekolah-sekolah untuk memperkenalkan silat. Saat ini, silat telah menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah gimnasium.

“Yang paling ramai itu daerah pendidikan, dari SD sampai wisuda, dan ada lagi SMP, 1, 2, 3, dan masih banyak yang terus terisi, makanya kita coba main ke sana. Coba pertahankan, memang “tidak banyak, mungkin 10 sampai 20 orang dalam satu sekolah, tapi kita punya sekitar 9 sekolah,” ujarnya.

Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Batawi Becky Mardani mengamini pendekatan yang dilakukan Ruby dalam mengenalkan budaya Batawi kepada masyarakat Jakarta. Artinya, melalui pendidikan, sebagian besar masyarakat akan memiliki rasa cinta terhadap budaya nenek moyangnya.

“Sebenarnya LKB silat menawarkan ekstrakurikuler olahraga tradisional, juga banyak sekolah silat. Kalau saya begini, kalau Silat Chingrik putih di Kabon Jeruk ya, Chingrik itu sekolah ekstrakurikuler-Kajian, satu lagi di Tana Abang Misalnya Sabni ya, di Jakarta Timur ada satu lagi, cocokkan saja,” kata Becky.

Makanya LKV dan Persatuan Silat tradisional harus melatih guru-guru yang bisa melatih. Guru yang dilatih adalah guru yang bersertifikat, kata Becky. Tonton video “Lapar: Coba Pankong Viral Rawa” (Update/Wanita)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *