Jakarta –

Mungkin ada puluhan turis dari berbagai negara berkumpul di Circuit Sport Bar, Grill & Resto Bar. Restoran di dekat Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika itu dipadati turis asing mengobrol sambil menikmati jajanan dan minuman sambil menyaksikan kualifikasi MotoGP.

Hal ini biasa terjadi pada Grand Prix Pertamina yang digelar pada 27-29 September 2024. Pemilik restoran Adhamsiah mengatakan, aktivitas sehari-hari tersebut akan meningkat jelang balapan di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Menjelang Grand Prix Pertamina Indonesia, banyak teman-teman wisatawan yang mulai berkumpul di sini. Bagi yang ingin menyaksikan lintasannya nanti juga bisa menemukan titik kumpul di sini, kata Adem, Sabtu (28/9) melalui keterangan tertulis. /2024).

Diakuinya, setiap balapan MotoGP, pendapatan usahanya meningkat 80% dibandingkan biasanya.

“Pendapatan restoran meningkat hampir 80%. Event internasional seperti ini sangat diperlukan bagi kami para UMKM, sehingga tidak lazim jika Pertamina bisa menghadirkan Grand Prix Pertamina Indonesia ke Lombok,” jelasnya. .

Selain Adham, Waroeng Sulawesi milik Randy Bugis juga mengalami pertumbuhan pendapatan yang signifikan. Menurutnya, Grand Prix Indonesia yang digelar di Pertamina tidak hanya memberikan dampak besar terhadap pendapatan usahanya, tetapi juga membantunya menciptakan lapangan kerja lokal.

“Pertamina Grand Prix sangat bagus untuk kelangsungan usaha kami. Saat ini kami memiliki 35 pegawai komunitas,” kata Randy.

Selain itu, sebagai pengguna setia produk Bright Gas, Randy sangat berterima kasih kepada Pertamina atas dukungannya di Grand Prix Pertamina Indonesia.

“Terima kasih kepada Pertamina yang telah mendukung penyelenggaraan Pertamina Indonesian Grand Prix di Mandalik. Selain meningkatkan pendapatan, juga meningkatkan hubungan dengan pengunjung domestik dan internasional yang lebih luas,” ujarnya.

Manfaat event internasional tidak hanya dirasakan oleh pengusaha katering saja, namun juga jenis usaha lainnya, seperti pedagang souvenir. Ria Anggraini, salah satu pramuniaga toko suvenir Natasya Collection di kawasan Pantai Kuta, juga mengaku pelanggannya cukup banyak saat berlangsungnya Pertamina Grand Prix.

“Biasanya kami mendapat penghasilan 1-2 juta per hari, tapi sebelum H-3 sebelum balapan, bisnis kami bisa mencapai 5-6 juta per hari hingga H+3. Dampaknya Indonesia Grand Prix bagi Pertamina luar biasa,” katanya. Rea.

Ia berharap upaya lain di balap MotoGP juga semakin meningkat.

“Saya berharap Pertamina Grand Prix bisa digelar setiap tahun dan kompetisi internasional lainnya di Lombok juga bisa meningkat,” ujarnya.

Industri pariwisata dan agen perjalanan juga akan terkena dampaknya. Rere Tour & Travel mengakui adanya peningkatan signifikan pada sewa kamar hotel dan sepeda motor. Misalnya, bisnis rental sepeda motornya biasanya berharga Rp 800.000-100.000 per hari. Namun saat Grand Prix Indonesia digelar di Pertamina, permintaan meningkat sehingga harganya bisa naik hingga Rp 100-200.000 per hari.

“Hari ini hanya 10 sampai 15 unit sepeda motor yang disewa, namun sebelum lomba ada sekitar 50 sampai 70 unit sepeda motor yang disewa hari itu. Jadi jumlahnya meningkat signifikan,” kata Mustaki, pemilik Rere Tour & Travel.

Mustakim berharap Lombok International Sports Tourism Event dapat semakin memperluas cakupan kegiatan.

“Jika Grand Prix Indonesia diadakan setiap tahun di Pertamina, maka yang tersisa hanyalah event-event lain yang diselenggarakan oleh lembaga lain seperti Pertamina yang bisa menjadi tuan rumah event tersebut. Dengan demikian, pendapatan dari event internasional dan Lombok akan terus mengalir perekonomian akan terus pulih dan berkembang,” kata Mustajim.

Sementara itu, Vice President Corporate Communications Pertamina Fajar Joko Santoso mengatakan, Pertamina Indonesia Grand Prix 2024 diharapkan dapat membawa multiplier effect positif bagi masyarakat Lombok. Pertamina sangat bangga dengan kisah peningkatan perekonomian yang dilakukan para pengusaha lokal.

“Pertamina selalu berupaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat di setiap ajang, termasuk pada ajang balap internasional Pertamina Indonesia Grand Prix tahun ini apa yang diharapkan oleh Pertamina. Kami bangga dan berharap dapat memberikan dampak yang lebih luas ke depannya,” kata Fajar. Saksikan video “InJourney Group Pastikan Suksesnya Pertamina Grand Prix 2024” (prf/ega)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *