Jakarta –

Sirkuit Mandalika akan dimeriahkan dengan perhelatan balap mobil sport ala Jepang alias Japan Domestic Market (JDM). Acara ini akan berlangsung 28 April-1 Mei.

Acara bertajuk JDM (Japan Domestic Market) Funday Mandalika 2024 ini akan diikuti oleh 92 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Istilah JDM mengacu pada mobil sport yang dibuat khusus di Jepang.

Setiap peserta akan mengendarai mobil sport untuk bertanding cepat di Sirkuit Mandalika. Setiap peserta akan dikelompokkan berdasarkan tingkat pengalaman berkendara dan jenis kendaraan yang akan mereka gunakan.

Peserta akan dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan pengalaman, yaitu Non-Experienced, Experienced, dan Pro. Sedangkan kendaraan akan dibagi menjadi tiga kelas yaitu Kelas Standar, Kelas Jalanan, dan Kelas Balap.

Pada divisi ini setiap peserta berkesempatan untuk berkompetisi secara berkelompok sesuai dengan kemampuannya masing-masing sehingga tercipta kompetisi yang adil dan menarik.

Mereka akan bertanding secara cepat dengan format Time Attack yang disusun sedemikian rupa sehingga ramah bahkan bagi peserta yang belum berpengalaman dalam balap mobil. Format ini akan tetap menantang bagi peserta berpengalaman.

“Dengan adanya pembagian kelas, diharapkan setiap peserta dapat merasakan kegembiraan yang sama meskipun kemampuan berkendara dan spesifikasi kendaraannya berbeda, karena biasanya setiap peserta akan berjuang untuk mencatatkan waktu terbaiknya (Personal Best Lap),” kata Ketua. . Penyelenggara JDM Funday Mandalika 2024, Yahya Adi Nugroho, Kamis (25/4/2024).

Marketing and Tourism Program Director InJourney, Maya Watono menambahkan, acara JDM Funday hanyalah salah satu dari sekian banyak acara yang akan digelar di Sirkuit Mandalika.

“Tahun ini Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika sudah dibooking 200 hari untuk event otomotif. Pemerintah serius untuk mengaktifkan sirkuit ini, tidak hanya dijadikan ajang balap motor roda dua, tapi juga harus dioptimalkan. bisa dijadikan ajang balap roda empat, kata Maya.

Sementara itu, penggiat otomotif Rifat Sungkar mengatakan Sirkuit Mandalika telah menjadi tuan rumah sekaligus surganya para pecinta otomotif tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Ia pun menyebut Mandalika sebagai sirkuit terbaik di dunia.

“Bagi saya yang sudah berkeliling banyak sirkuit di dunia, Sirkuit Internasional Mandalika adalah sirkuit terbaik di dunia dengan keindahannya,” kata Rifat. Saksikan video “Pemerintah buka peluang sirkuit Mandalika jadi tuan rumah F1” (wsw/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *