Jakarta –

Setiap kendaraan di Indonesia pasti mempunyai nomor registrasi kendaraan bermotor atau lebih sering disebut plat nomor. Fungsi utama nomor ini adalah sebagai alat identifikasi kendaraan.

Pengecekan nomor STNK dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama melalui plat nomor yang terpasang pada bagian depan dan belakang kendaraan, dan yang kedua melalui Surat Tanda Registrasi Kendaraan (VRC). Kalau ada di STNK, cara ceknya ada di kolom NRKB.

Lalu apa itu NRKB? Lalu bagaimana cara memeriksanya? Simak penjelasannya di artikel ini Apa itu NRKB?

Merujuk laman Suzuki, NRKB merupakan singkatan dari Nomor Registrasi Kendaraan. NRKB merupakan kode unik yang diberikan pemerintah untuk membedakan kendaraan satu dengan kendaraan lainnya.

Apapun merek atau jenis kendaraannya, baik mobil, sepeda motor, atau bus, wajib memiliki NRKB di STNK-nya. Jika Anda baru membeli kendaraan dan mendapat STNK, coba periksa kembali NRKBnya. Pastikan sesuai dengan yang tertulis di plat nomor dan di fungsi NRKB

NRKB tidak hanya menunjukkan identitas mengemudi yang valid dan terdaftar di data kepolisian, karena NRKB memiliki sejumlah fungsi lainnya. Berikut fungsi NRKB mengacu pada website Astra Oto Shop: Sebagai bukti kepemilikan kendaraan dinas Digunakan untuk proses pengurusan kendaraan, seperti pembayaran pajak kendaraan (PKB) Membantu mencocokkan nomor STNK yang terpasang pada NRKB . plat nomor Pastikan kendaraan sudah benar dan sesuai dengan yang tertulis di NRKB. Hal ini dapat membantu Anda ketika ingin melakukan transaksi jual beli kendaraan. Cara cek NRKB di STNK

Cara cek NRKB pada STNK cukup mudah dan cepat. Langkah pertama siapkan STNK milik detikers, lalu buka bagian STNK yang kertasnya berwarna biru hijau.

Di pojok kiri atas STNK terdapat kolom bertuliskan ‘Registration Number’ atau nomor registrasi kendaraan dalam bahasa Inggris. Nah, kolom ini adalah NRKB, jadi bisa dilihat nomor kendaraannya.

Selain itu, di bawah NRKB terdapat kolom “Nama Pemilik” yang merupakan nama lengkap pemilik kendaraan. Lalu ada juga kolom “Alamat” yang menunjukkan alamat tempat tinggal pemilik kendaraan. Bagaimana jika NRKB di STNK salah ketik?

Dalam beberapa kasus, banyak pemilik kendaraan yang menyadari bahwa NRKB di STNK miliknya salah ketik. Ada juga beberapa kasus nama pemilik, alamat rumah, atau NIK KTP di STNK juga salah ketik.

Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan panik. Karena kesalahan ketik pada STNK Anda masih bisa dikaji dengan mudah dan cepat dengan mengirimkan laporan ke kantor Samsat di kota Anda.

Persyaratan yang harus dibawa saat ingin melakukan revisi nama pada STNK Anda adalah: KTP asli dan fotokopi STNK asli serta fotokopi BPKB asli dan fotokopi kendaraan Anda.

Proses review data di STNK juga singkat, hanya sekitar 30-40 menit. Setelah STNK siap, periksa kembali dan pastikan NRKB, alamat, nama pemilik, NIK KTP dan pabrikan kendaraan sudah tertulis dengan benar.

Demikian penjelasan mengenai NRKB dan cara pengecekannya di STNK. Semoga ini bisa bermanfaat! Tonton video “Polisi tangkap komplotan pemalsu STNK yang omzetnya ratusan juta” (ilf/rgr)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *