Jakarta –

Perjalanan Jakarta-Surabaya memakan waktu minimal 10 jam dengan bus. Belakangan ini, dengan dibukanya jalur dan jalan tol baru serta penambahan fasilitas yang nyaman, bus kembali menjadi pilihan.

Jakarta-Surabaya menjadi jalur yang tak pernah sepi peminat saat mudik atau musim liburan. Terdapat situs bersejarah seperti Dermaga Utara Surabaya, wisata bertema bahari, Pura Sangar Agung, tempat peribadatan umat Tri Dharma, dan perjalanan bus dari Jakarta ke Surabaya.

Dijelaskan di salah satu platform pemesanan tiket, Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 10-13 jam dengan jarak 780 km. Waktu tempuh Jakarta-Surabaya berbeda-beda tergantung pada: 1. Perusahaan Bus (PO) yang dipilih.

Jenis operator bus, jenis layanan, dan waktu keberangkatan yang dipilih traveler untuk bepergian ke Surabaya kerap memengaruhi waktu perjalanan.

Misalnya pada Selasa 10 September 2024, berbagai PO mengenai waktu keberangkatan rute Jakarta-Surabaya dari Terminal Kampung Rambutan hingga Terminal Purbaya dikumpulkan dari situs penyedia tiket: KYM TRANS (Executive Full Via Trans Java): 06.20 – 17. > Orang Rp 330.000 per orang Waktu tempuh kurang lebih 10 jam 40 menit 27 Trans (EPC1/Kelas Pagi 28): 06.30 – 19.31 WIB > Rp 410.000 Waktu tempuh per orang kurang lebih 13 jam 1 menit: Sinar Jaya (Eksekutif Lei 50). 19.00 WIB > Rp 330.000 per orang Lama perjalanan kurang lebih 12 jam 10 menit.

Terlihat meskipun rutenya sama dan waktu pemberangkatannya berdekatan, seperti Jakarta-Surabaya dari Terminal Kampung Rambutan ke Terminal Purbaya, namun perkiraan waktu tempuh dari masing-masing PO berbeda-beda.2. perjalanan rute

Rute yang ditempuh bus PO juga mempengaruhi waktu tempuh. Pilihan rute Jakarta-Surabaya antara lain: Tol Trans Jawa

Jalur tersebut meliputi Jakarta-Sikampek, Sikopo-Palimanan, Palimanan-Kanchi, Kanchi-Pejagan, Pejagan-Pemalong, Pemalong-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono, Mojo-Kertosono dan Mojo ‘ Berhenti. – melewati saluran. Mojokerto-Surabaya. Tol Trans Jawa Jalur Pantai Selatan, dikutip dari catatan Detikcom, membuat perjalanan kota menjadi lebih singkat, lancar, dan nyaman

Jalur Selatan Jakarta-Surabaya melewati Jakarta-Pelabuhan Ratu-Pangandaran-Yogakarta-Malang-Surabaya. Rute ini memakan waktu lebih lama dibandingkan Tol Trans Jawa.

Namun jalur Jakarta-Surabaya menawarkan beragam desa dan kota indah di sepanjang pesisir selatan. Jalur ini sangat cocok bagi Anda yang ingin cuci mata dan mengunjungi banyak tempat wisata.

Secara umum Jalur Pantai Utara (Pantura) membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama dibandingkan Jalan Tol atau Pantai Selatan. Jalur Pantura terdiri dari Jakarta-Cirebon-Pekalongan-Semarang-Rembang-Tuban-Surabaya.

Bagi pecinta siang hari yang memilih jalur Pantai Utara Jakarta-Surabaya tak perlu khawatir. Jalur ini dilengkapi dengan banyak rest area yang tertata rapi dan terawat. situasi lalu lintas

Faktor lain yang mempengaruhi waktu tempuh Jakarta-Surabaya adalah kondisi jalan. Artinya, apakah jalanan macet selama perjalanan. Sebab meski PO menunjukkan perkiraan waktu perjalanan, namun perjalanan bisa memakan waktu lebih lama jika bus terjebak kemacetan di beberapa titik.

Jadi, perkiraan waktu tempuh Jakarta-Surabaya dengan bus. Kini bentuk transportasi ini menawarkan manfaat yang berbeda-beda tergantung jenis layanan yang dipilih. Ada juga bus yang menawarkan ruang kaki lebih luas, tempat duduk yang bisa dijadikan tempat tidur, serta toilet dan minuman selama perjalanan. Saksikan video “Bisnis bus pariwisata menghadapi banyak tantangan, kata Mas Waheed” (AJN/Sari)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *