Batavia –

Kementerian Perhubungan menyatakan ada beberapa manfaat dari keberadaan tol laut. Kehadiran jalur laut sangat memudahkan distribusi barang di banyak tempat.

Pengaturan jalan tol laut tertuang dalam Keputusan Presiden No. 106 Tahun 2015 tentang Pemenuhan Kewajiban Pelayanan Umum Angkutan Barang Melalui Laut (Perpres Jalan Tol Maritim). Perpres jalan menuju laut itu merupakan janji Presiden Jokowi pada Pemilihan Presiden (Pilpress).

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Hendry Ginting mengatakan jalur laut tersebut telah beroperasi sejak 2015. Kini, program tersebut mengalami kemajuan dengan penambahan beberapa rute.

“Kami memulai (melalui jalur laut) dengan hanya 3 trip awal di tahun 2015. Alhamdulillah hingga saat ini kami sudah melakukan 39 trip, menyaring 115 pelabuhan, menjangkau 91 kabupaten dan kota, bergabung dengan 24 provinsi di Indonesia, ujarnya suatu kali.

Ia menyatakan, untuk melaksanakan proyek ini, pihaknya juga telah memulai kerja sama dengan beberapa operator kapal.

“Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan bersama perusahaan pelayaran nasional diamanatkan untuk menunaikan amanah penting tersebut, melahirkan sumber daya manusia terbaik di bidangnya masing-masing,” kata Hendry.

Kapal laut sendiri digunakan untuk melayani berbagai kebutuhan, mulai dari logistik hingga peternakan. Salah satunya sapi dari PT Subsea Lintas Globalindo di peta Tol Laut Camara Nusantara 4.

Sapi diangkut ke kapal pendapatan Camara Nusantara 4 melalui jalur laut melalui Pelabuhan Tenau, Kota Kupang, NTT. Kapal ini melayani jalur angkutan Kupang-Wini-Atapupu-Banjarmasin-Kupang (RT-4).

“Pelepasliaran ini untuk menjamin kelangsungan distribusi ternak melalui kargo laut dengan jadwal yang dapat diandalkan dan teratur. Maka hari ini NTT mengirimkan 550 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak Kalsel,” kata Visnu Handoko.

Dalam hal ini, PT Subsea Lintas mendukung Globalindo sebagai perusahaan pelayaran swasta nasional di Indonesia. PT Subsea Lintas Globalindo juga mendukung event center Space 2024.

Acara ini merupakan kolaborasi Kementerian Perhubungan dan detikcom dalam rangka memperingati Hari Transportasi Nasional 2024 dengan mengusung tema “Mobilitas Terpadu untuk Semua”. Saksikan “ITB Prof. Investigasi kecelakaan pesawat harus independen” video (hnu/ega)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *