Jakarta –

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo belum masuk dalam nominasi Ballon d’Or 2024, menandai berakhirnya era di mana kedua superstar ini mendominasi penghargaan. Eropa diyakini tidak lagi berperan dalam penilaian tersebut.

Ini adalah pertama kalinya sejak tahun 2003 tidak ada seorang pun yang masuk dalam daftar terpilih. Setidaknya ada satu di antaranya. Ronaldo terakhir kali dinominasikan pada tahun 2022. Messi, sementara itu, menghilang pada tahun itu tetapi muncul kembali pada tahun 2023.

Padahal, jika melihat hasil musim lalu, performa kedua pemain tersebut tidak bisa dikatakan buruk, meski sudah tidak lagi berada di era emasnya. Messi langsung membantu Inter Miami menjuarai Piala Liga pada musim panas 2023 dan membawa Argentina menjuarai Copa America pada tahun berikutnya.

Ronaldo, sementara itu, mencetak 50 gol dalam 51 penampilan untuk Alnas musim lalu, meski gagal mencetak gol untuk Portugal di Kejuaraan Eropa musim panas ini. Bagi seorang “pemain veteran”, hasil yang diraih keduanya luar biasa.

Namun, kita harus ingat bahwa mereka tidak lagi bermain di Eropa yang masih menjadi kiblat sepakbola dunia. Dalam sejarah Ballon d’Or, sangat jarang ada pemain yang tidak bermain di Eropa untuk masuk nominasi.

Neymar termasuk salah satu yang melakukan hal tersebut saat bermain di Santos namun kemudian pindah ke Barcelona. Messi memenangkan Ballon d’Or tahun lalu sebagai pemain Inter Miami tetapi bermain untuk Paris Saint-Germain selama periode evaluasi.

Mungkin performa mereka musim lalu dinilai kurang “bagus” untuk masuk nominasi. Selain itu, mereka memiliki lawan muda seperti Erling Haaland, Kylian Mbappe, Rodri, Vinicius, dll.

Ke-30 pemain calon penerima penghargaan tahun ini semuanya bermain di lima liga top Eropa, yakni Premier League, La Liga, Serie A, Bundesliga, dan Ligue 1. Jika melihat nama-nama yang masuk, sulit untuk “melewatkan” Messi. Atau mungkin Ronaldo ada dalam daftarnya.

Messi dan Ronaldo, 37 dan 39 tahun, bisa dikatakan sudah tamat dari sepak bola. Hilangnya nama mereka dari nominasi Ballon d’Or 2024 hanya menegaskan bahwa tongkat estafet telah diubah. Era yang benar-benar baru.

(adp/ruang)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *