Jakarta –

Meski banyak pasar yang menjual barang bekas, pasar ini kerap dikenal sebagai tempat favorit untuk mencari barang-barang berharga murah. Mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti peralatan rumah tangga dan pakaian hingga barang koleksi, pasar semacam itu ada. Ibarat harta karun, pasar ini menyimpan banyak barang-barang unik dan kuno yang masih bisa dimanfaatkan.

Salah satunya di kawasan Jakarta Timur dikenal juga dengan nama Pasar Loak Jatinegara atau Pasar Jembatan Item. Pantauan detikcom pada Selasa 27/8/2024, pasar ini terletak di antara Jalan Bekasi Barat III dan Jalan Bekasi Barat VI.

Meski namanya “bazaar”, toko-toko para pedagang di kawasan ini hanya terletak di pinggir jalan. Terdapat beberapa gudang yang dibangun secara semi permanen, berdinding papan kayu/plywood, beratap seng. Namun banyak pula gubuk yang dibangun hanya dengan terpal dan payung.

Sepanjang perjalanan, Anda bisa melihat berbagai jenis produk bekas di berbagai kios. Hampir semua jenis barang bekas dapat ditemukan di kawasan ini, dan setiap kios memiliki “kekhususan” tergantung jenis barang yang dijualnya.

Misalnya, banyak toko yang menjual barang elektronik bekas. Anda sering dapat menemukan banyak produk di pasar ini, mulai dari ponsel hingga speaker, headphone hingga penyedot debu dan kipas angin. Seiring berjalannya waktu, banyak sekali kios-kios yang menjual ponsel bekas, laptop, dan berbagai charger dengan harga sangat murah.

Terdapat juga kios yang menjual barang-barang bekas rumah tangga seperti kompor gas, pisau dapur, dan peralatan makan. Hiasan rumah tangga, lampu hias, kendi, patung, dan jam dinding juga ditemukan dalam bentuk lukisan.

Selain itu, berbagai barang bekas yang banyak ditemui antara lain barang fashion seperti sepatu, baju, jam tangan, ikat pinggang, dan cincin batu akik. Dari waktu ke waktu, kita bisa menemukan kios-kios yang menjual barang bekas seperti kaset, uang bekas, suku cadang, jok, ban, aksesoris mobil, dan mainan anak. Di Pasar Jatinegara, berbagai kios menjual produk-produk baru, khususnya perabot rumah tangga berbahan plastik. Mulai dari ember, gayung, bangku plastik, sapu, dll.

Biasanya di Jalan Bekasi Barat VI, dekat Jalan Bekasi Barat. Jadi, semakin dekat dengan pertigaan Jalan Bekasi Barat, jumlah toko yang menjual furnitur baru tersebut pun semakin banyak. Namun jumlah kios yang menjual barang-barang tersebut sangat sedikit dibandingkan dengan penjualan produk loak.

Saksikan juga video “Koleksi Banyak Barang Jadul di Galeri Kampoeng”:

(fdl/fdl)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *