Jakarta –

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terdapat potensi gempa besar di zona Megathrust di Selat Sunda dan Mentavaj-Siberut. Untuk itu, kesiapsiagaan pemerintah dan masyarakat menjadi kunci terpenting dalam menghadapi bencana ini.

Direktur Jenderal Pos dan Informatika (Direktur PPI) Cominfo Wayan Tony Suprijanto mengatakan pihaknya menyadari potensi bencana, sehingga Cominfo menyiapkan sistem peringatan real-time yang akan ditampilkan di televisi dan smartphone. Pasalnya, peringatan saat ini hanya sebatas mengirimkan pesan singkat kepada masyarakat ketika ada informasi terkini dari BMKG.

“Mengingat Indonesia berada di ring of fire, kami Manajemen Umum PPI Cominfo memandang perlu untuk melakukan persiapan aplikasi bersama BMKG. Jadi seluruh sumber informasi BMKG bisa disalurkan secara real time ke layanan atau penyelenggara kami, TV atau Internet,” jelas Wayan saat ngopi di kantor Cominfo Jakarta, Jumat (30/08/2024).

Dirjen PPI sedang berupaya membangun sistem komunikasi kepada pihak bencana, misalnya BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Jadi nanti ada telepon genggam tersendiri untuk komunikasi, kata Wayan.

Tidak berhenti disitu saja: Cominfo bersiap meluncurkan sistem peringatan dini bencana pada September 2024. Sistem ini merupakan sumbangan dari pemerintah Jepang.

Nantinya, informasi kebencanaan BMKG akan diteruskan ke sistem, yang kemudian disebarkan melalui televisi digital dan nomor WhatsApp. Proses ini terjadi secara real time.

“Dalam bentuk peringatan televisi, akan ada informasi bencana yang terjadi di sekitar lokasi,” jelas Wayan.

Namun keberhasilan sistem kebencanaan yang disiapkan Cominfo memerlukan dukungan pemerintah daerah dalam menumbuhkan budaya sensitif di masyarakat. Jadi jika peringatan muncul, jangan abaikan dan segera lakukan yang terbaik untuk menyelamatkan diri.

“Mungkin masyarakat yang ada di rumah bisa langsung mengungsi jika terjadi gempa atau tsunami,” kata Wayan. Simak video “Klarifikasi BMKG terkait potensi gempa megashock” (afr/fai)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *