Jakarta –

Chief Operations Officer CAKAP Cecilia Ong menguraikan sejumlah keterampilan yang dibutuhkan di Indonesia. Keterampilan yang paling penting untuk dipelajari adalah komunikasi, dengan beberapa keterampilan keras untuk mendukungnya.

“Komunikasi itu yang paling penting. Kerja sama tim, kepemimpinan, itu juga hubungan. Bagaimana kamu menyebut dirimu juga penting, jadi komunikasi itu kuncinya antara lain,” jelas wanita yang masuk dalam daftar 30 Under 30 versi Forbes Indonesia ini. .

Setelah komunikasi dikuasai, ada berbagai keterampilan sulit yang harus dipelajari untuk mengimbangi itu semua. Saat ditanya mengenai keterampilan sulit yang perlu dipelajari masyarakat Indonesia saat ini, ia menyebutkan beberapa hal.

Pada acara “Untuk Indonesia” pada 28/28/2024, Cecilia mengatakan, “Jakap sekarang punya perhotelan, termasuk manajemen. Tentu saja teknologi dan digital.” ).

Mengenai Teknologi dan Digitalisasi, Cecilia berbicara tentang potensi pengembangan analis data di masa depan. Menurutnya, banyak peluang di sektor ini.

“Data analis dan big data akan semakin besar. Big data kini sudah berkembang di Tiongkok dan merambah cloud. Indonesia akan membutuhkan lebih banyak data analis yang bisa mengolah big data,” tuturnya.

Indonesia diketahui membutuhkan sembilan juta pekerja big data pada tahun 2015 hingga 2030. Angka tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan Bank Dunia dan McKinsey. Artinya rata-rata 600.000 pekerja per tahun. Forum Ekonomi Dunia (WEF) juga merilis daftar pekerjaan yang paling banyak diminati pada tahun 2025, dan analis data memberi peringkat pekerjaan yang paling banyak diminati di masa depan.

Seorang analis data adalah orang yang bertanggung jawab untuk menganalisis dan meneliti data menggunakan alat khusus. Berperan penting dalam pengolahan data, inferensi dan visualisasi di berbagai departemen terkait.

Analis data sering kali kesulitan dengan angka. Latar belakang akademis seorang analis data biasanya adalah teknik TI dan komputer, informatika bisnis, teknik komputer, statistik, ekonomi, dll. seperti pengetahuan bisnis. Simak video “Bicara Tren Digital, Ferry Irwandi: Indonesia Punya Pasar Besar dan Aktif” (ask/fay)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *