Jakarta –

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Bahkan, bagi sebagian orang, meminum secangkir kopi seolah menjadi sebuah “ritual” yang harus dilakukan setiap hari.

Ada banyak alasan mengapa orang minum kopi. Beberapa orang meminum kopi karena menyukai rasa dan aromanya yang khas. Di sisi lain, ada orang yang minum cukup banyak untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari minuman ini.

Manfaat kopi berasal dari berbagai senyawa yang dikandungnya. Salah satu yang utama adalah kafein.

Menurut Healthline, kafein merupakan stimulan yang terdapat pada tanaman kopi, teh, dan kakao. Senyawa ini mampu menstimulasi otak dan sistem saraf, meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan energi, serta menjaga tubuh tetap waspada.

Kopi juga kaya akan antioksidan, senyawa yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Oleh karena itu, kopi dipercaya menjadi minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengatur kadar gula darah.

Karena manfaat kopi yang begitu beragam, banyak orang yang rutin mengonsumsi minuman ini. Bahkan, bagi sebagian orang, kopi sudah menjadi minuman yang “wajib” dikonsumsi sehari-hari.

Lantas, apa jadinya tubuh jika minum kopi setiap hari? Dalam jumlah normal, kopi dapat memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan, antara lain: meningkatkan energi, mengurangi risiko diabetes tipe 2, meningkatkan kesehatan otak, membantu penurunan berat badan, menurunkan tingkat depresi, melindungi hati dari penyakit seperti Meningkatkan sirosis hati dan kanker hati. Efek samping kesehatan jantung dari minum terlalu banyak

Hal lebih lanjut dapat berdampak buruk pada kesehatan. Sama dengan kopi.

Meski memiliki banyak manfaat, kopi juga dapat menimbulkan dampak negatif jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau dikonsumsi oleh orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Minum kopi terlalu banyak dapat menimbulkan efek samping berikut: Kecemasan atau stres Insomnia Gangguan pencernaan Depresi Kelelahan Risiko dehidrasi Karena kopi meningkatkan frekuensi buang air kecil Tonton video “Mitos atau Fakta: Minum Kopi Bikin Bayi Lebih Pendek” (ath/naf)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *