Jakarta –

Serangkaian acara peringatan 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia digelar di Jakarta hari ini. Periksa cuaca dan arus saat ini untuk area yang Anda lewati.

Agenda Sabtu (8 Oktober 2024) adalah parade bendera Merah Putih dan naskah manifesto yang akan dikirimkan dari Mona ke Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN). Acara dimulai pukul 08.00 WIB.

Parade karnaval akan dimulai saat Kepala Staf Presiden Heru Budi Hartono menyerahkan salinan Bendera Merah Putih dan teks manifesto kepada tim Purno Paskibrak di Aula Kemerdekaan Monumen Nasional. .

Pembawa bendera Merah Putih adalah tim Purna Paskibrak 2023 asal Kachina Ozora, Kalimantan Tengah. Sedangkan Keila Azzahra asal Sumatera Selatan bertugas sebagai pembawa teks Deklarasi Purnama.

Selanjutnya bendera dan naskah manifesto dibawa kendaraan taktis (rantis) Maung bersama konvoi Paskibrak DKI Jakarta, penunggang kuda, dan orkestra.

Tahun-tahun sebelumnya, bendera Merah Putih dan teks manifesto dibawa langsung dari Mona ke Istana Merdeka. Tahun ini parade karnaval akan berlangsung lebih lama.

Dari Monas konvoi menuju Jalan Tamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Kawang dan Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah itu, konvoi akan diterbangkan menuju IKN dengan menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Setibanya Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Bandara Internasional Sepingan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Gedung Negara di IKN. Purna Paskibraka 2023 adalah Naila Aulita Alkubra Sinapoy asal Provinsi Banten yang bertugas membawa bendera Merah Putih. Teks deklarasi disampaikan oleh Lilly Wenda dari Negeri Pegunungan Papua.

Demonstrasi ini diadakan untuk pertama kalinya dalam sejarah. Sebab, bendera Merah Putih dan manifestonya baru pertama kali diserahkan ke IKN.

Parade karnaval ini tidak hanya menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, namun juga wujud tekad menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, menurut Heru Budi Hartono, Kepala Kantor Presiden, karnaval ini juga merupakan simbol persatuan dan kerja sama antara DKI Jakarta dan ibu kota nusantara.

Bendera Merah Putih dan Naskah Manifes akan tiba di IKN pada hari yang sama, 10 Agustus 2024. Selanjutnya bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraki untuk dipajang di Gedung Negara IKN. katanya. Yusuf Permana, Wakil Presiden Departemen Protokol, Pers dan Media, dalam keterangannya. Adapun dampak yang ditimbulkan adalah pada wilayah berikut ini: Karena arak-arakan dan arak-arakan dimulai dari utara Monas, arus lalu lintas dialihkan dari Harmoni ke Bundaran Berkuda, dan jalan di depan Kementerian Perhubungan ditutup seiring dengan tercapainya arak-arakan dan garis bendera. Lalu lintas berhenti di sepanjang Patung Kuda dan MH Thamrin. Arus lalu lintas normal dari Bundaran Patung Kuda hingga Lampu Lalu Lintas Sarinah bila datang dari Bundaran EMB Lalu lintas dari barat ke timur normal bila bundaran mencapai 3 jalan layang. Arus lalu lintas di sepanjang Jalan Gatot Subroto dari barat ke timur akan normal ketika lampu lalu lintas Bundaran Halim Baru tercapai. Saksikan video “Momen Bendera Merah Putih – Naskah Diproklamirkan di IKN” (fem/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *