Jakarta –

PT Sucofindo cabang Timika memberikan sertifikat HACCP kepada PT Graha Boga Mandiri, sebuah perusahaan katering di kota Timika. Penyerahan sertifikat kepada I Made Pariarta oleh Jocko Julianto, Pemimpin Cabang PT Sucofindo Cabang Timika selaku Komisaris PT Graha Boga Mandiri.

“Sertifikasi HACCP merupakan indikator kepatuhan pelaku usaha pangan terhadap standar internasional untuk menjamin keamanan proses dan mutu produk,” kata Joko.

“Dalam proses sertifikasi HACCP, kami menemukan banyak hal yang mampu meningkatkan bisnis katering kami, sehingga kedepannya kami tidak hanya memiliki nilai jual yang lebih baik, namun juga menjamin keamanan dan kualitas produk yang kami tawarkan kepada pelanggan.” Saya memang menambahkan.

Sertifikasi HACCP atau Hazard Analysis Critical Control Point merupakan sistem manajemen yang berfokus pada identifikasi dan pengendalian bahaya signifikan dalam proses produksi pangan, termasuk aspek keamanan dan mutu produk.

Dalam melakukan sertifikasi HACCP, PT SUCOFINDO mengacu pada KAN.K-07.03 yaitu SNI CAC/RCP 1:2011 yang serupa dengan Prinsip Umum Higiene Pangan (CAC/RCP 1-1969 Rev.04-2003). Sertifikasi HACCP mencakup 25 layanan dan layanan, mulai dari makanan (susu, lemak, buah, sayuran, dll) hingga layanan distribusi dan dukungan makanan.

Manfaat sertifikasi HACCP adalah untuk menjamin terselenggaranya sistem keamanan pangan yang menjadi pertimbangan utama dalam transaksi perdagangan regional dan internasional, sehingga membuka akses pasar nasional dan global, memenuhi permintaan pelanggan, meningkatkan citra perusahaan dan meningkatkan daya saing. Artis komersial.

Selain membantu pelaku usaha melakukan sertifikasi dalam proses bisnis, Sucofindo juga memberikan layanan pengujian, inspeksi, pelatihan, dan audit. Layanan tersebut dilengkapi dengan laboratorium berstandar internasional yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk wilayah Papua.

“Ke depan, kami berharap proses sertifikasi HACCP dapat membantu lebih banyak pelaku usaha meningkatkan daya saing dan nilai jual produk dan jasanya,” tutup Joko.

(fdl/fdl)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *