Jakarta –

Apple telah merilis iPadOS 18 beta publik untuk pengguna di seluruh dunia. Banyak fitur baru yang diperkenalkan, 7 diantaranya sangat menarik dan patut untuk dicoba.

IPadOS 18 diumumkan pada Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan Juni lalu. Saat itu, sejumlah perbaikan dan pembaruan pada sistem operasi tablet Apple ini terungkap.

Dengan cara-cara baru yang menyenangkan untuk mempersonalisasi layar utama, pengalaman Foto yang didesain ulang, pembaruan besar pada aplikasi Notes, penambahan kalkulator catatan matematika, dan pengenalan Apple Intelligence yang inovatif, iPadOS 18 menghadirkan fitur-fitur baru luar biasa yang dirancang untuk kemampuan unik. iPad memudahkan pengguna dalam menyelesaikan berbagai hal,” kata Craig Federighi, wakil presiden senior bidang rekayasa perangkat lunak Apple saat itu.

Apple dapat mendaftarkan iPadOS 18 versi beta publik

Untuk bisa menjalankan iPadOS 18 Public Beta, perangkat yang digunakan tentunya harus mendukung. Berikut daftarnya: iPad Pro (M4) iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-3 dan lebih baru) iPad Pro 11 inci (generasi ke-1 dan lebih baru) iPad Air (M2) iPad Air (generasi ke-3 dan lebih baru) iPad (generasi ke-7 dan lebih baru) ) nanti) iPad mini (generasi ke-5 dan lebih baru) Cara memperbarui ke iPadOS 18 Public Beta Pastikan kompatibilitas perangkat Sebelum memulai, pastikan iPad Anda kompatibel dengan iPadOS 18. Lihat daftar perangkat yang didukung di atas dan masuk dengan ID Apple Anda , Anda bisa langsung ke langkah berikutnya Buka aplikasi Pengaturan di iPad, pilih Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, pilih iPadOS 18 Public Beta, pilih Perbarui Pengaturan Perangkat Lunak > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak Anda akan melihat opsi untuk memperbarui ke iPadOS 18. Tunggu proses pengunduhan dan instalasi selesai iPad Anda akan otomatis restart

Banyak fitur yang disediakan oleh iPadOS 18 Public Beta. DetikINET mencobanya dan berikut 7 fitur keren yang patut dicoba: Aplikasi kalkulator

Aplikasi kalkulator adalah aplikasi yang menunggu untuk ditambahkan ke iPad. Karena selama ini kami menggunakan program pihak ketiga untuk perhitungannya.

Namun menariknya, aplikasi kalkulator di iPadOS 18 memiliki fitur lebih banyak. Tidak hanya tersedia kalkulator ilmiah, Apple juga menawarkan catatan matematika dan itulah bagian terbaiknya.

Dengan catatan matematika, kita dapat dengan mudah menyelesaikan soal matematika dengan tulisan tangan kita. Dari soal-soal mudah hingga perhitungan rumit yang dapat diselesaikan, sangat berguna bagi siswa yang mempelajari matematika atau memahami konsep variabel dan grafik. folder tersembunyi

IPadOS 18 juga menawarkan folder tersembunyi. Fitur ini berguna bagi kita yang ingin menyimpan aplikasi dan tidak ingin orang lain mengaksesnya.

Karena untuk mendapatkan akses, diperlukan otentikasi baik face ID maupun password untuk membukanya

IPadOS 18 memungkinkan kita mempersonalisasi layar beranda. Inilah yang menjadikan tablet kami unik dan berbeda dari yang lain.

Karena kita bisa menempatkan ikon dan widget dimanapun kita mau di home screen. Selain itu, fitur ini berguna jika Anda tidak ingin aplikasi menutupi bagian tertentu dari wallpaper.

Kita juga dapat menerapkan warna tertentu pada ikon agar sesuai dengan tampilan wallpaper.

Pusat kendali baru

Perubahan lain yang diperkenalkan oleh iPadOS 18 adalah Pusat Kontrol. Sebelumnya fungsi pusat kendali selalu bersifat tetap dan tidak dapat diubah.

Namun, sekarang kami dapat menyesuaikan alat berguna ini sesuai dengan kebutuhan kami. Selain itu, ini menghemat banyak waktu saat mengontrol musik, meluncurkan aplikasi favorit, dan mengakses Smart Script.

Jika Anda suka menulis di iPad dengan Apple Pencil, Anda akan menyukai Smart Script. Tidak seperti tulisan tangan yang terlihat seperti teks yang dihasilkan komputer, tulisan tetap sesuai dengan gaya tulisan tangan Anda. Perbedaan utamanya adalah pesannya terlihat lebih terorganisir.

Anda dapat menggunakan Smart Script di aplikasi Notes. Selain membuat tulisan tangan terlihat rapi, Anda juga bisa menata teks dengan fungsi ini. Misalnya, Anda ingin menambahkan teks tambahan di tengah paragraf. Paragraf tersebut secara otomatis akan menyesuaikan dengan apa yang Anda tulis. Transkripsi

Mencatat saat mengikuti seminar atau rapat merupakan sebuah tantangan tersendiri. Terkadang penulisannya tertinggal karena penceritaannya begitu cepat.

Namun, semua ini teratasi dengan fitur transkripsi aplikasi Voice Memo. Jadi kita bisa merekam saat seminar atau rapat, setelah selesai langsung ditranskrip menjadi teks.

Ini sangat berguna karena kita tidak kehilangan konten. Selain itu, dapat menghemat energi sehingga dapat digunakan untuk produktivitas lainnya.

Namun fitur transkripsi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Semoga Apple segera mendukung format berkendara Indonesia

Ini merupakan hal yang bagus bagi pengguna iPad. Hingga saat ini, baik iPad maupun iPhone tidak dapat memformat SSD atau jenis penyimpanan eksternal lainnya.

Berkat iPadOS 18, kini kami dapat memformat drive eksternal langsung dari aplikasi Files. Fitur baru ini jelas memudahkan kita dalam mengatur format stasiun berdasarkan kebutuhan.

Kita dapat memilih di antara tiga format berbeda: APFS (dengan opsi Case Sensitive atau Encrypted), ExFAT dan MS-DOS (FAT). Begini cara kerjanya: Pastikan Anda telah menghubungkan memori eksternal, tekan tombol Hapus. Jangan khawatir itu tidak akan terhapus maka akan muncul opsi pemformatan yang berbeda lalu tekan hapus.

Tonton video “iPad Pro M4 resmi dijual di Indonesia” (afr/afr)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *