Jakarta –

Erik ten Hag ditinggal lagi oleh salah satu asistennya. Steve McClaren, yang merupakan manajer tim utama Manchester United, telah mengundurkan diri untuk menjadi manajer tim nasional Jamaika.

McClaren merupakan asisten Sir Alex Ferguson pada 1999-2001 dan merupakan bagian dari tim kepelatihan yang membantu Setan Merah meraih treble. Kemudian dia meninggalkan karirnya sebagai manajer umum.

Dia melatih tujuh klub berbeda antara tahun 2001 dan 2019, pencapaian terbaiknya adalah memenangkan Piala Liga bersama Middlesbrough pada tahun 2004 dan memenangkan liga Belanda bersama Twente pada tahun 2010. Selain itu, ia juga pernah melatih timnas Inggris, namun dipecat setelah Wayne Rooney. Dan lainnya gagal lolos ke Euro 2008.

Mulai musim panas 2022, McClaren kembali ke MU untuk menjadi asisten Ten Hague yang pernah menjadi asistennya saat berada di Twente. Keduanya sukses berkontribusi di Piala Liga 2023 dan Piala FA setahun kemudian. Kini McClaren memutuskan untuk mengambil tantangan baru.

Hal ini bertujuan agar Jamaika lolos ke Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Utara. Reggae Boyz diketahui terakhir kali lolos ke ajang bergengsi tersebut pada tahun 1998. Saat itu, mereka tersingkir di babak penyisihan grup, yang meliputi Argentina, Kroasia, dan Jepang.

“Saya sangat bangga dan senang mengambil peran sebagai pelatih tim nasional Jamaika. Saya tidak akan ragu untuk mendapatkan pekerjaan yang sangat saya sukai pada tahap karir saya saat ini,” kata McClaren seperti dikutip dari The Athletic.

“Sebelum kembali ke MU untuk kedua kalinya, saya menghabiskan waktu di FIFA sebagai penasihat teknis pada proyek analisis lingkungan global. Jamaika adalah salah satu tim yang bekerja dengan saya dan saya langsung menyadari potensi negara tersebut,” jelasnya.

Ten Hague juga mendoakan yang terbaik untuk McLaren. Ia pun menegaskan bahwa hubungannya dengan McClaren akan baik-baik saja.

“Steve dan saya telah berteman selama 16 tahun sejak kami pertama kali bekerja di Twente dan hubungan itu akan terus berlanjut saat dia memulai tantangan baru, serta hubungannya dengan Manchester United,” jelasnya seperti dikutip dari BBC.

Setelah dipastikan bertahan di Old Trafford musim ini, Ten Hag melakukan perombakan skuadnya demi meningkatkan performa skuad. Rene Heck dan Ruud van Nistelrooy didatangkan sebagai asisten manajer, dan Jelle ten Ruvelaar kemudian ditunjuk sebagai pelatih kiper.

McLaren mengikuti jejak Mitchell van der Gag, Benny McCarthy dan Richard Hartis, yang juga telah meninggalkan Carrington. Sebelum kepergiannya, peran McClaren sebagai asisten manajer digantikan oleh pelatih tim senior senior.

Ia tidak mengikuti tur pramusim Amerika Serikat dan bertugas menangani para pemain yang baru kembali dari Euro 2024 dan Copa America 2024. (adp/krs)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *