Jakarta –

Banyak masyarakat yang mengeluhkan penutupan Monumen Nasional (Monas) hingga pukul 16.00 WIB. Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas rencananya akan membuka jam operasional hingga pukul 22.00 WIB.

“Kami berharap dalam waktu dekat Monas dapat dibuka hingga pukul 22.00 WIB khususnya pada hari Sabtu dan Minggu sehingga masyarakat dapat menikmati keindahan Monas pada malam hari dengan aman dan nyaman,” ujar Direktur UPK Monas, Isa. Sanuri dalam keterangan tertulisnya. pidatonya, Sabtu (27/7/2024).

Namun Isa mengaku belum mengetahui kapan kebijakan lembur itu akan diterapkan. Ia juga mengatakan, pembatasan jam kerja hingga pukul 16.00 WIB ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan pengunjung, mengingat Monas bukan hanya sekedar destinasi wisata, melainkan warisan budaya dan benda penting dunia.

Dia mengatakan, undang-undang tersebut diterapkan mulai pertengahan tahun 2022 setelah Monas ditutup untuk umum ketika pandemi COVID-19 mulai terjadi pada tahun 2020.

“Keamanan dan kenyamanan pengunjung sangat penting. Mengingat pentingnya aspek keamanan, apalagi di tahun politik, aktivitas di Monas lebih sedikit dibandingkan pada malam hari,” ujarnya.

Pembatasan ini berkat kerja sama dengan pihak keamanan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung, tambahnya.

Warga meminta agar Monas tetap dibuka hingga malam hari

Diketahui, jam kerja Monas hingga pukul 16.00 WIB. Pengunjung memperkirakan jam Monas akan dibuka hingga malam hari.

Seorang warga bernama Ratna (38) mengaku bingung dan tidak mengetahui jam kerja Monas pasca wabah COVID-19. Ia mengaku disuruh keluar karena jam kerja sudah berakhir.

“Iya entah kenapa aku bingung kenapa kamu disuruh berangkat lalu aku bilang di pintu depan ada tandanya sampai jam 4 sore” ucapnya. Usai Ratna teridentifikasi di kawasan Monas, Jumat (26/7).

Ratna mengatakan, sebelum adanya COVID-19, warga masih bisa keluar masuk kawasan Monas hingga malam hari. Ia pun mengamini bahwa kawasan Monas nyaman untuk dinikmati pada siang hari.

Ratna berharap jam kerja Monas bisa bertambah, terlepas dari lokasi Monas di Ring 1. Selain itu, ia rindu dengan berbagai hiburan yang ditawarkan di Monas, seperti air mancur menari.

Saksikan video “Jumlah Pengunjung Monas H+3 di Hari Raya Idul Fitri” (minggu/minggu)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *