Jakarta –

Kementerian Kelautan (KKP) mengungkapkan nilai impor ikan mengalami penurunan hingga US$ 219,54 juta pada semester I 2024. Penurunan tersebut sebesar 35,15% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Pengurangan impor ini memastikan Indonesia menjadi net eksportir produk perikanan,” kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Budi Sulistio seperti dikutip dalam keterangannya, Sabtu (27/7/2024).

Budi menjelaskan, penurunan nilai impor ikan menyebabkan surplus sebesar US$2,49 miliar atau Rp. Nilai lebih juga meningkat sebesar 6,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk barang impor, lanjutnya, ada yang diperuntukkan untuk bahan baku industri dan ada pula yang untuk bahan baku non industri seperti hotel, restoran, katering, dan pasar modern (Horekapasmod).

“Nah, Horeka itu ikan yang tidak ada di Indonesia seperti salmon, trout, dan cod,” jelas Budi.

Pengurangan ini berdampak pada pasokan ikan hasil tangkapan nelayan lokal yang dapat memenuhi kebutuhan industri pengolahan dan perikanan. Ikan pelagis seperti makarel mempunyai persediaan yang melimpah.

“Kami mendorong para pelaku pengolahan dan penangkapan ikan untuk mengutamakan ikan hasil tangkapan nelayan kita sendiri. Pasokan kita dari awal tahun hingga Mei cukup, makanya kita utamakan ikan hasil tangkapan dalam negeri. . Kalau bahan bakunya tidak ada,” jelasnya.

Sedangkan kinerja ekspor ikan Januari-Juni mencapai US$2,71 miliar. Negara tujuan ekspor utama adalah Amerika Serikat sebesar US$ 889,39 juta, disusul Tiongkok (US$ 556,04 juta), ASEAN (US$ 353,93 juta), Jepang (US$ 285,47 juta), disusul Uni Eropa. (US$285,47 juta). dolar AS$). 193,35 juta).

Udang, tuna, tuna, cakalang, biksu, gurita, kepiting, dan rumput laut masih menjadi makanan pokok.

Menurut Budi, kinerja ekspor perikanan terus diperkuat melalui strategi promosi produk perikanan, peningkatan kualitas produk perikanan, dan membuka peluang pasar baru di negara-negara Timur Tengah dan Asia Timur. (ada/fdl)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *