Sitar –

Banyak penerbangan yang dibatalkan akibat letusan Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Bandara juga ditutup. Mari kita lihat gunung ini.

Pada tanggal 30 April 2024, terjadi letusan kembali di Gunung Ruang, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Abu vulkanik berjatuhan akibat letusan tersebut. Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup sementara akibat dampak hujan abu vulkanik.

Gunung Ruang adalah stratovolcano di Pulau Ruang. Di puncak gunung terdapat kubah lava. Dia memecahkan gunung ini pada tahun 1808.

Perairan Pulau Ruang merupakan rumah bagi terumbu karang dengan biota laut yang mempesona.

Ada dua desa di Pulau Ruang, Pumpente dan Laingpatehi. Penduduk kedua desa ini berprofesi sebagai nelayan atau petani dan menanam singkong yang diolah menjadi ubi sagu.

Pulau Ruang hanya bisa ditempuh dalam waktu 15-20 menit dari Pelabuhan Tagulandang dengan menggunakan perahu nelayan. Abu vulkanik Gunung Ruang menyuburkan tanah di Pulau Tagulandang.

Buah salak asal Tagulandang sangat terkenal di Sulawesi Utara karena rasanya yang manis.

Tagulandang merupakan akronim yang terdiri dari dua kata yaitu taghuwa – nawalandang yang berarti dasar perahu kayu panjang yang membentang di pantai Tagulandang.

Penemuan dasar perahu yang hanyut mengikuti arus laut di pantai dikenal dengan nama Tagulandang.

Untuk menuju Pulau Tagulandang sangat mudah, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan speed boat dari Manado, atau bisa naik kapal feri Lokong Banua dari Pelabuhan Bitung.

——

Artikel ini ditulis oleh Hari Suroto, peneliti BRIN. Artikel tersebut diedit oleh editor seperlunya. Saksikan video “Catatan Aktivitas Gempa di Gunung Ruang” (wsw/wsw)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *