Jakarta –

Olimpiade Paris 2024 resmi dibuka pada Jumat (26/7/2024). Namun, pasca rusaknya jalur kereta, persoalan keamanan menjadi sorotan.

Berdasarkan CNN, kereta berkecepatan tinggi di Prancis menjadi sasaran sejumlah kejahatan pada Jumat (26/7/2024). Hal ini digambarkan sebagai tindakan sabotase terkoordinasi untuk mengganggu perjalanan menjelang upacara pembukaan Olimpiade Paris.

Perusahaan kereta api milik negara Perancis, SNCF, menyebut pemadaman kemarin sebagai serangan besar yang bertujuan melumpuhkan jaringan kereta api.

“Banyak kereta dialihkan atau dibatalkan,” kata SNCF X dalam pesannya.

Mereka juga meminta semua pemudik yang mungkin menunda perjalanannya untuk menjauh dari stasiun.

Badai tersebut merusak jalur kereta api berkecepatan tinggi Atlantik, Utara dan Timur serta merusak beberapa fasilitas. SNCF juga mengatakan salah satu sahamnya rusak.

Gangguan ini akan berdampak pada sekitar 800.000 pelancong. Pemadaman ini juga diperkirakan disebabkan oleh pemeliharaan akhir pekan oleh para pekerja.

Sementara itu, pusat kereta api Remy Val de Loire menyatakan lalu lintas kereta api akan dihentikan setidaknya hingga Senin. Hal ini mempengaruhi layanan Paris di dekat jalur kereta Cortalein di Prancis utara.

Layanan kereta berkecepatan tinggi Eurostar yang menghubungkan Inggris dan Prancis terpaksa menghentikan sementara kereta karena kejahatan di jalur Prancis.

“Karena kejahatan terkoordinasi di Prancis yang mempengaruhi jalur kereta berkecepatan tinggi antara Paris dan Lille, hari ini, Jumat, 26 Juli, semua kereta berkecepatan tinggi ke dan dari Paris telah dialihkan melalui Jalur Klasik. Hal ini akan memperpanjang perjalanan sekitar .dan beberapa kereta dibatalkan selama setengah jam.

Laporan ini diterbitkan tepat sebelum berakhirnya estafet obor Olimpiade dan upacara pembukaannya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Olahraga dan Olimpiade dan Paralimpiade Prancis Amelie Audeya-Castera mengatakan gangguan tersebut merupakan tindakan sabotase yang terkoordinasi. Dia juga mengutuk serangan itu.

“Bermain melawan tim Olympian berarti bermain melawan Prancis, melawan tim Anda, melawan negara Anda,” katanya, menurut BFMTV. Dia juga mengatakan kejadian itu akan mengganggu perjalanan pada hari Jumat dan akhir pekan.

“Kami akan menilai dampaknya terhadap wisatawan dan atlet dan akan menyediakan transportasi yang sesuai bagi semua delegasi ke lokasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Wilayah Ile-de-France Valery Pekres mengatakan semua elemen menunjukkan sabotase dilakukan dengan sengaja. Menanggapi serangan tersebut, kepala polisi Paris Laurent Nunez mengatakan polisi meningkatkan keamanan dan tenaga di stasiun kereta api ibu kota.

Dalam beberapa pekan terakhir, langkah-langkah keamanan meningkat di Paris. Menurut juru bicara Kementerian Dalam Negeri Prancis, mereka berencana mengerahkan 35.000 polisi setiap hari selama Olimpiade dan 45.000 saat upacara pembukaan.

Selain itu, 10.000 tentara dan 1.800 polisi dari seluruh dunia dikirim ke wilayah Paris.

Nicolas Nordman, wakil walikota Paris, mengatakan pihak berwenang telah bekerja selama berbulan-bulan untuk mengantisipasi peristiwa tersebut dan yakin upacara tersebut akan berjalan dengan aman.

Apalagi, penyebab tergelincirnya kereta api masih belum diketahui. Namun, akibat pemilu nasional Perancis yang baru saja berakhir, kekacauan internal semakin meningkat.

Ketika kubu kiri dan kanan bersatu, konflik meningkat. Menteri Dalam Negeri Darmanin bahkan membenarkan penangkapan anggota kelompok ekstremis sayap kanan yang diduga melakukan kekerasan selama Olimpiade. Pria ini diduga ikut dalam kirab obor. Saksikan video “Lingkungan Saat Ini di Perkampungan Olimpiade Paris” (wkn/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *