Jakarta –

Wisatawan yang bepergian dengan kereta api terkadang harus menghadapi risiko kehabisan tiket. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyarankan wisatawan untuk menggunakan kereta api penghubung.

Fitur kereta penghubung kini tersedia di aplikasi Access by KAI. Wisatawan dapat mencari alternatif untuk mencapai kota tujuan dengan menggunakan tiket lanjutan. Berikut kereta penghubung seperti keterangan resmi PT KAI: Apa itu kereta penghubung?

Fitur kereta penghubung pada aplikasi Access by KAI memungkinkan pemudik dapat menemukan kereta api ketika tujuan perjalanan yang diinginkan tidak memiliki layanan kereta langsung atau tiket kereta api ke suatu tujuan dengan satu kereta langsung dijual. Fitur ini hanya berlaku untuk pencarian jadwal kereta api antar kota. Bagaimana cara menggunakan fitur kereta penghubung?

Untuk menggunakan fitur kereta lanjutan, mulailah dengan membuka aplikasi Access by KAI di perangkat Anda dan login dengan akun terdaftar Anda. Setelah itu pada halaman utama pilih menu Antar Kota. Masukkan detail perjalanan seperti stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal dan jumlah penumpang.

Setelah itu, klik tombol “Temukan Tiket Antar Kota”. Jika tiket yang Anda cari tidak tersedia, Anda akan melihat tombol “Kereta Sambung”, dan klik untuk melanjutkan pencarian. Selanjutnya sistem akan mencari tiket kereta api yang masih tersedia untuk perjalanan menuju kota tujuan yang diinginkan dengan kereta api.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan layanan (tambahan) seperti asuransi, bagasi sepeda, dan layanan taksi Bluebird saat memesan tiket kereta api. Meski ada dua kereta, Anda tetap bisa menambahkan layanan tambahan di setiap kereta. Cara kerja sambungan kereta

Maksimal dua kereta yang dapat dipilih untuk menghubungkan kereta, sehingga Anda akan mendapatkan dua kode pemesanan kereta. Aplikasi Access by KAI akan mencari kombinasi dua kereta langsung, dengan waktu transit minimal satu jam dan maksimal 24 jam. Anda juga dapat melakukan perubahan jadwal atau pembatalan salah satu kereta atau kedua kereta.

Jika kereta pertama mengalami penundaan dan ditinggalkan oleh kereta penghubung, Anda yang menggunakan fitur kereta penghubung akan mempunyai pilihan sebagai berikut:

1. Jika keterlambatan melebihi tiga jam, tiket kereta api lanjutan dapat dibatalkan dan akan dikembalikan secara tunai sebesar 100% dari harga tiket tidak termasuk biaya pemesanan (jika ada); atau

2. Apabila keterlambatan kurang dari tiga jam, mengacu pada kondisi dan tarif angkutan kereta api penumpang (STP) Pasal 13 Ayat (6) yang menyatakan tiket dianggap tidak sah dan tidak ada pengembalian uang kepada penumpang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan dengan fitur koneksi kereta ini, perseroan tidak hanya memberikan solusi praktis dalam pemesanan tiket kereta api, namun juga menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan dan bebas repot bagi pelanggan.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan fitur kereta lanjutan di aplikasi Access by KAI saat merencanakan perjalanan kereta api Anda. Untuk menghindari kehabisan tiket kereta api, kami menghimbau pelanggan untuk memesan tiket terlebih dahulu, kata Joni. Tonton video “Toyota Etios Terpuruk Usai Tabrak Argo Wilis Klaten” (fem/fem)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *