Jakarta —

PT Yamaha Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan Nmax generasi baru. Kini skutik gede tersebut mendapat badge turbo di kelas 150cc yang disesuaikan dengan teknologi terkini Yamaha.

Sebagai informasi, Yamaha Nmax terbaru hadir dalam beberapa varian antara lain Neo, Neo S, Turbo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate. Hanya varian Turbo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate yang dibekali teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmision (YECVT).

Teknologi YECVT, begitu Yamaha menyebutnya, sebenarnya “Turbo” di Nmax terbaru. Bagaimana cara menggunakannya? Jadi benarkah mengaitkan “turbo” dengan tenaga mesin? Berikut sekilas perkenalan YECVT dengan Nmax baru

Perlu diketahui, kata “Turbo” pada Nmax terbaru merupakan bahasa pemasaran yang dibuat oleh produsen garpu tala tersebut. Sebenarnya arti kata “Turbo” adalah untuk membuat Yamaha Electric Continuous Variable Transmision (YECVT) lebih mudah diucapkan.

Teknologi inilah yang menjadi nilai jual utama Yamaha Nmax generasi ketiga. YECVT menggantikan sistem CVT konvensional pada sepeda motor sehingga tidak lagi menggunakan roller.

Dengan YECVT, Nmax Turbo memiliki fungsi mode berkendara yang menawarkan dua mode berkendara yakni T-Mode (City Commuting) dan S-Mode (Sports Touring). Mode ini dapat dioperasikan dengan menggunakan tombol “Mode” di sisi kiri pegangan sepeda motor.

Mode T dapat digunakan untuk berkendara di kota. Sedangkan mode S lebih cocok untuk perjalanan darat, berkendara di tanjakan, mengendarai mobil, dan bermanuver menyalip kendaraan lain.

Fungsi “Turbo” dapat diakses menggunakan tombol Y-Shift. Y-Shift mampu menciptakan pengalaman berkendara berbeda karena fungsinya membantu pengemudi berakselerasi seketika layaknya “Turbo”.

Terdapat tiga level yang dapat diatur secara manual yaitu low (1), medium (2) dan high (3). Fitur ini sangat cocok digunakan saat ingin menyalip mobil di depan, di puncak bukit, atau saat berkendara berduaan.

Selain untuk akselerasi, Y-Shift juga bisa digunakan untuk memperlambat mesin saat menghadapi jalan menurun dan juga saat menikung?

Beberapa waktu lalu, tim detikOto berkesempatan mengendarai Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate, Nmax versi top terbaru.

Dalam pengujiannya, mesin digerakkan sebanyak 3-4 kali. Selanjutnya kami menguji fitur elektrik yang ditawarkan YECVT bernama “Turbo”.

Dalam keadaan tunak, saat berpindah dari T ke S, putaran roda bertambah 500-1000 rpm. Sedangkan untuk mengubah mode ini, pengendara hanya perlu menekan tombol khusus di stang kiri yang posisinya agak ke depan.

Saat pengujian, kami mengganti model dari T ke S saat akselerasi. Meski tidak terlalu penting, namun nampaknya ada tambahan “nafas” yang membuat motor semakin bertenaga.

Kemudian tombol Y-Shift juga memegang peranan penting pada Yamaha Nmax baru. Pengemudi dapat menggunakan tombol ini untuk menambah kecepatan dan menurunkan kecepatan.

Setelah mencobanya, kita dapat menyimpulkan bahwa fungsi “Turbo” pada Yamaha Nmax baru bukan sekadar tipuan belaka. Pasalnya, teknologi ini membuat sepeda motor menjadi lebih bertenaga dan responsif. Khusus untuk versi final, hadirnya peredam kejut yang berfungsi menjamin kestabilan sepeda motor.

Berikut ulasan singkat Yamaha Nmax “Turbo” terbaru. Jadi, apakah Anda ingin membelinya? Video “Yamaha NMAX TURBO di Sirkuit: Performa Hebat (ilf/fds)”

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *