Jakarta –

Banyak orang memimpikan perut rata. Selain melihat body goal lebih banyak, perut rata dan buncit juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Ada banyak cara untuk mencapai body goal tersebut, mulai dari menjaga pola makan, berolahraga keras, hingga menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, ada beberapa hal sederhana yang membantu menurunkan berat badan. Salah satunya adalah minuman yang tepat setelah makan. Karena mengonsumsi minuman tertentu mendukung fungsi pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga proses penurunan berat badan. Hasilnya, Anda lebih cepat mendapatkan perut rata dan tubuh ideal.

Lalu apa minuman terbaik setelah makan untuk melancarkan pencernaan dan menghindari kembung? Mengutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.1. air

Minum air putih lebih bermanfaat untuk menurunkan berat badan dibandingkan mengakhiri makan dengan es teh manis.

Dikutip dari Eating Well, air putih berperan penting dalam menunjang pencernaan, apalagi jika Anda minum air hangat. Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa orang yang minum 200-250 mililiter air hangat setelah makan mengalami lebih banyak penurunan berat badan dan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. teh jahe

Jahe merupakan tanaman yang telah lama digunakan sebagai penyedap makanan dan obat-obatan tradisional. Ternyata rimpang ini juga bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa meminum air hangat atau teh yang dicampur jahe meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil setelah makan. Selain itu, teh jahe juga dapat membantu proses pengosongan saluran pencernaan. dari kombucha

Kombucha adalah teh yang dimurnikan melalui fermentasi. Teh ini banyak mengandung probiotik yang membantu sistem pencernaan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa probiotik dapat meningkatkan waktu yang dibutuhkan makanan untuk melewati saluran pencernaan. Akibatnya, frekuensi buang air besar pun meningkat.

Selain itu, probiotik juga meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. teh hijau

Selain manfaat kesehatan, teh hijau juga baik untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau selama 12 minggu dapat menyebabkan penurunan berat badan sebanyak 0,2-3,5 kg.

Manfaat ini berkat adanya senyawa katekin pada teh hijau. Katekin membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak sehingga mempercepat proses penurunan berat badan.5. Smoothie

Smoothie yang terbuat dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan minuman yang ideal setelah makan. Kandungan serat pada smoothie tidak hanya melancarkan pencernaan, tetapi juga meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi kecenderungan ngemil setelah makan.

Selain itu, serat juga dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula ke dalam tubuh. Karbohidrat dan gula darah tinggi merupakan dua hal yang sering dikaitkan dengan obesitas. Dengan kata lain, serat dapat membantu mencegah obesitas dan menjaga berat badan. Tonton video “Mitos atau Fakta: Duduk dan Remas Perut” (ath/suc)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *