Jakarta –

Pemkot Bandung akan memberi julukan baru pada proyek zona bebas mobil Braga. Kata-kata dalam bahasa asing menimbulkan kritik dari guru bahasa.

Setiap akhir pekan, Jalan Braga, Bandung diperiksa bebas kendaraan. Wacana tersebut rencananya akan dimulai pada awal Mei 2024 untuk mengurangi kemacetan di kawasan pengunjung center.

Namun dibalik wacana tersebut terdapat keasyikan pengamat linguistik. Pasalnya, Pemkot Bandung semakin percaya diri melontarkan retorika tersebut. Bragacar Gratis adalah kata asing yang berbentuk “Bragacar Gratis”

Guru Besar Linguistik Universitas Padjajaran (Unpad) Sesi Sabarna mengatakan, Kantor Bahasa menetapkan tiga hal untuk melestarikan bahasa Indonesia. menurut pendapatnya Aturannya jelas. Bahasa Indonesia penting dalam pemberian nama suatu produk.

“Pemerintah ini kurang serius, setengah hati. Slogan Biro Bahasa sudah jelas. Saya suka Indonesia. Pertahankan bahasa daerah Ahli dalam bahasa asing Ini masalahnya dengan gagasan pemerintah kita ingin tampil keren. Namun alih-alih melakukan hal itu Mengabaikan upaya pelestarian bahasa Indonesia,” ujarnya saat berbincang dengan detikJabar.

Menurut Cesi, pemerintah harus terus fokus pada bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi utama warga negara. Lagi pula, dia tidak peduli apakah merek suatu produk berbahasa asing atau tidak.

“Pertama-tama, kita perlu memprioritaskan bahasa kita sendiri di bawah itu. untuk bersikap adil jika kamu mau Tolong pakai bahasa Inggris,” misalnya Car Free Day lebih rendah dari Car Free Day. Apalagi kalau ditambah bahasa Sunda, lebih bagus lagi ada tiga bahasa, karena “masing-masing bahasa punya fungsinya masing-masing kalau bagus,” kata Ceci.

“Jadi saya melihat tindakan regulasi hanya tertulis di atas kertas. Implementasinya setengah hati. Operasi darat kini menjadi hal yang penting. Asalkan pemimpin daerah punya akses terhadap budayanya,” imbuhnya.

Selain Kendaraan Bebas Braga, Pemkot Bandung akan segera menggelar kuliah baru di lingkungan Balai Kota Bandung. Setiap hari Jumat, kawasan yang menjadi lokasi kantor Wali Kota Bandung akan ditetapkan sebagai Jumat Bebas Mobil Baca artikel detikJabar selengkapnya. Mempersiapkan tes jalan di Praha tanpa mobil” (msl/msl)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *