Jakarta –

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengeluarkan kode pengunduran diri menjelang akhir masa jabatannya. Diketahui, masa jabatannya akan berakhir pada Oktober 2024.

Awalnya, Direktur Jenderal Pajak Surya Utomo bersama sejumlah anggota Direktorat Jenderal Pajak (DJP) membawakan lagu di acara peringatan Hari Pajak Nasional yakni Spectaxculer. Lagu yang dibawakan berjudul She’s Gone karya musisi rock asal Amerika, Steelheart.

Saat itulah giliran Sri Mulyani yang mengikuti anak buahnya naik ke atas panggung dan menyumbangkan suaranya. Ia berencana akan berduet bertajuk Anak Sekolah karya Chrisye bersama anak buahnya. Namun sebelum bernyanyi, Sri Mulyani melontarkan pernyataan tak terduga.

“Lagu apa katanya? Dia pergi. Itu lagu untukku. Aku pergi,” seloroh Sri Mulyani sambil mengangkat tangan, di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (14/7/2024). ).

Masa jabatan Sri Mulyani dan menteri kabinet progresif Indonesia lainnya akan segera berakhir, seiring dengan berakhirnya masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2024.

Belum diketahui apakah Sri Mulyani berencana melanjutkan jabatan Menteri Keuangan di pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto atau tidak. Namun, banyak nama yang bermunculan untuk menggantikan posisinya.

Setidaknya ada empat nama yang digadang-gadang menjadi calon Menteri Keuangan era Prabowo. Hal ini awalnya disinggung oleh laporan Bloomberg pada Maret lalu. Bloomberg menyebutkan Sri Mulyani Indrawati tidak lagi menjabat sebagai Menteri Keuangan di kabinet Prabowo Subianto.

Calon presiden dikabarkan mengincar sejumlah nama untuk menjadi menteri keuangan. Keempatnya adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar. (shc/das)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *